Cegah Covid-19, Relawan MPPI Sosialisasi Hidup Sehat di Desa Bambangan

Relawan Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI) melakukan sosialisasi hidup sehat untuk mencegah penyebaran Virus Corona di Desa Bambangan, Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu (22/3/20). (ist)

Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI) terjun ke tengah masyarakat Desa Bambangan, Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Selain membagikan masker dan handsanitizer, relawan ini melakukan edukasi pola hidup sehat untuk mencegah penyebaran Corona Virus 2019 (COVID-19) yang sedang meneror dunia.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Prihatin dengan penyebaran COVID-19 di tanah air, MPPI mengajak masyarakat Desa Bambangan, Sebatik Barat, Minggu (22/3/20). MPPI mengajak masyarakat setempat menerapkan pola hidup sehat untuk cegah Covid-19.

Desa Bambangan adalah salah satu wilayah perbatasan yang berada di wilayah Kabupaten Nunukan. Desa ini adalah wilayah terpenting dan sebagai halaman terdepan NKRI.

“Ini sebagai bentuk cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan ingin menjadikan masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia ini sejahtera dan sehat dengan menerapkan pola hidup sehat sebagai langkah pencegahan COVID-19,” kata Heny dan Yan relawan MPPI.

Baca:

Keduanya akan berada di Desa Bambangan, Sebatik Barat, 22 Maret – 24 Maret 2020. Mereka datang dengan membawa semangat yang diwujudkan dengan sosialisasi untuk mengajak masyarakat membudayakan pola hidup sehat mencegah Covid-19.

MPPI juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mencegah kerawanan terkait narkoba, traficking, dan penyelundupan dan bentuk kekahatan lainnya.

Sambil sosialisasi pola hidup sehat, MPPI juga memberikan masker dan handsanitizer kepada petugas Puskesmas Setabu, Kecamatan Sebatik Barat. Puskesmas ini, sejak darurat COVID-19, melakukan pendataan riwayat orang masuk melalui Dermaga Bambangan dan mengecek suhu tubuh.

Tak hanya itu. MPPI juga memberikan masker berserta handsanitizer kepada petugas Pamtas Yonif Raider 600/Mdg, serta anggota Satgas Marinir Ambalat XXV/Pos Bambangan, dan petugas Koramil 0911-02/Sebatik.

Puskesmas Setabu merasa terbantu dengan pemberian masker dan handsanitizer dari MPPI. Sebab, persediaan dua bahan medis di Puskesmas Setabu sudah mulai menipis.

“Bantuan MPPI sangat berarti bagi orang yang masuk sekitar 70 orang dari Nunukan melewati Dermaga Bambangan,” kata seorang petugas dari pihak Puskesmas Setabu.

Agus, Anggota Gugus Satgas Pos Bambangan, mengatakan bantuan masker dan handsanitizer perlu bagi petugas yang berinteraksi langsung dengan orang yang masuk melalui dermaga tersebut.

Senada dikatakan Yusup salah satu warga di Desa Bambangan. Menurutnya, sosialisasi hidup sehat sangat diperlukan bagi banyak warga yang masih belum memahami pola hidup sehat. Apalagi pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami masyarakat perbatasan di Desa Bambangan Sebatik Barat berterima kasih atas perhatian MPPI yang langsung kami rasakan dan butuhkan pada kondisi sekarang ini,” kata Yusup. (arung/*)

One thought on “Cegah Covid-19, Relawan MPPI Sosialisasi Hidup Sehat di Desa Bambangan

  1. Pingback: Pemkab Nunukan Siap-siap Geser APBD Rp10 Miliar Untuk Antisipasi Covid-19 | Newsurban

Leave a Reply