Tangkal Corona, PMI Nunukan Periksa Penumpang di Tiga Pintu Masuk

PMI Kabupaten Nunukan melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang di Pelabuhan PLBL Liem Hie.Djung, Minggu (22/3/20). -ama-

Mencegah penyebaran Corona Virus Disesase 2019 (COVID-19), PMI Kabupaten Nunukan melakukan pemeriksaan orang keluar dan masuk di Pelabuhan Liem Hie Djung, Tunon Taka, dan Bandara Nunukan, Minggu 22 Maret 2020.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nunukan membantu pencegahan Covid-19 dengan memeriksa suhu tubuh setiap penumpang di Pelabuhan Liem Hie Djung, Minggu 22 Maret 2020.

Staf Bidang Pelayanan PMI Kabupaten Nunukan Tina, mengatakan langkah antisipasi menangkal Covid-19 masuk dan menyebar di Nunukan pihaknya melakukan screaning (pengecekan suhu tubuh) baik orang yang masuk ke Nunukan maupun yang mau keluar daerah Kabupaten Nunukan.

Tak hanya screaning suhu tubuh. PMI juga melakukan pendataan setiap orang yang keluar dan masuk ke Kabupaten Nunukan melalui Pelabuhan PLBL Liem Hie Djung, Tunon Taka, dan Bandara Nunukan. Selain itu tim melakukan pendataan riwayat perjalanan.

Baca:

“Untuk hari ini kita lakukan aksi pencegahan COVID-19 di tiga tempat, Tunon Taka, Bandara Nunukan, dan PLBL Liem Hie Djung,” ungkapnya.

Aksi tangkal COVID-19 kata Tina akan menjadi kegiatan rutin sampai batas waktu yang belum ditentukan. “Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 kita lakukan screaning suhu di pintu-pintu masuk dan keluar Kabupaten Nunukan,” ujarnya.

Selain screaning, PMI juga membagikan brosur berisi edukasi pencegahan COVID-19.

Dia mengatakan, di Kalimantan Utara, Kabupaten Nunukan merupakan fokus aksi pencegahan COVID-19 karena berbatasan langsung dengan negara Malasyia. “Sehingga dalam pelayanan mencegah virus tersebut PMI hadir di tengah situasi sebagai tugas-tugas kemanusiaan,” kata Tina.

Selain menjaga pintu keluar masuk Nunukan, PMI juga berencana melakukan penyemprotan cairan disinfektan di berbagai tempat. “Kami fokuskan pada fasilitas umum. Ini merupakan program langsung dari PMI Nunukan,” tambahnya. (ama/*)