Darurat COVID-19, 232 Desa di Kabupaten Nunukan Gunakan ADD Untuk Pencegahan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nunukan Jumianto. (felix)

“Langkah pencegahan COVID-19 yang dapat dilakukan di desa misalnya mengampanyekan pola hidup sehat dan bersih.”
Kadis PMD Kabupaten Nunukan
Jumianto

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Berdasrkan instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar bahwa pemerintah daerah dan perangkat desa agar dapat mengalokasikan anggaran dana desa tahun 2020 ini untuk mengoptimalkan pencegahan Covid-19 di daerahnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nunukan Jumianto, mengatakan pihaknya akan alokasikan dana desa yang ada di 232 desa di Kabupaten Nunukan, untuk digunakan dalam penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Nunukan.

“Langkah pencegahan yang dapat dilakukan di desa misalnya mengampanyekan pola hidup sehat dan bersih,” kata Jumianto.

Baca:

Selain itu, kata dia dana desa juga bisa digunakan untuk pengobatan, jika di suatu desa ada keluarga yang mengalami gejala Covid-19. “Maka biaya pengobatannya boleh menggunakan dana desa,” ujarnya.

Terkait dana desa yang dialokasikan dalam penanganan penyebaran Covid-19 ini, Jumianto akan melakukan koordinasi dengan pihak Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan agar semuanya dapat berjalan satu pintu dalam penanganan darurat bencana non alam ini.

Selanjutnya untuk rencana program desa yang sudah disusun sebelumnya dan sudah disetujui oleh Kadesnya jelas dia, bisa dilakukan revisi. Sebab menurut dia Covid-19 merupakan hal yang lebih penting dan mendesak untuk dipriotitaskan, karena ini menyangkut jiwa masyarakat dan semua demi kepentingan nasional.

“Pesan saya kepada semua Kades di Kabupaten Nunukan untuk menunda dulu pelaksanaan kegiatan yang sekiranya bisa ditunda pelaksanaannya,” harap Jumianto.

Dia pun mengajak semua pihak sama-sama bergandeng tangan, bahu-membahu untuk mencegah masuknya virus Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Nunukan. (FBI/*)

2 thoughts on “Darurat COVID-19, 232 Desa di Kabupaten Nunukan Gunakan ADD Untuk Pencegahan

  1. Pingback: PT. NJL Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Perbatasan, Ini Kesan Para Karyawan | Newsurban

  2. Pingback: Putus Rantai COVID-19, PMI Nunukan Semprot Sejumlah Lokasi | Newsurban

Leave a Reply