Ketua DPRD Nunukan Hj Rahma Leppa Hafid: Membangun Nunukan Bukan Soal Usia

Ketua DPRD Nunukan Hj Rahma Leppa Hafid. (arung)

Usianya yang tak lagi muda, tak menghalangi Hj Rahma Leppa Hafid untuk mengabdikan diri dalam pembanguan sebagai Ketua DPRD Nunukan.

NEWSURBAN.ID – Politisi Partai Hanura Kabupaten Nunukan ini, lahir pada 29 Maret 1954. Ia dibesarkan dengan keadaan keluarga yang sederhana.

Legislator perempuan yang akrab disapa Leppa ini berasal dari Sulawesi Selatan ini. Perjalanannya ke Nunukan penuh perjuangan. Ia sempat menyambung hidup di Kota Tarakan

Kisah hidup yang penuh perjuangan. Termasuk dalam hal percintaan. “Dari awal saya sebelum kawin dengan pak haji, tahun 1969 saya masih gadis dan bersekolah di Tarakan, bertemu dengan pak haji di Tarakan di rumah keluarga, kami bertemu tidak sengaja, saya juga tidak menyangka kami ini keluarga, saya waktu itu masih SMP dan saya jatuh cinta dengan pak haji, sosoknya bersahaja dan berkharisma Dan pada tahun 1970 saya menikah dengan beliau,” kenang Leppa.

Anak-Anak (4 Bersaudara)

  • H. Asri Hafid (Laki-Laki)
  • Hj. Asni Hafid Anggota DPD RI dapil Kaltara (Perempuan)
  • Hj. Asmawati Hafid (Perempuan)
  • Laura (Hj. Asmin Laura Hafid) Bupati Nunukan.

REKAM JEJAK POLITIK
“Selama mendampingi Haji Hafid (H Abdul Hafid Achmad, Mantan Bupati Nunukan) saya setia dan mendukung langkah-langkah beliau,” katanya.

Keinginannya terjun ke Politik setelah ada dorongan dari suami. Kedua ingin memberikan contoh pada generasi muda agar punya mental dan nyali untuk membangun Nunukan. “Bukan karena faktor usia atau pendidikan semata, siapapun berhak untuk maju ke politik. Saya memang lulusan sekolah hanya paket C tapi itu bukan halangan untuk membangun Nunukan,” katanya.

Darah politik H Abdul Hafid Ahmad (Mantan Bupati Nunukan 2 Periode) menular ke istri, anak, cucu hingga menantu. Piawai di dunia politik yang menjadi kunci keberhasilan.

Rahma Leppa Hafid, sebelumnya telah duduk di DPRD Nunukan Periode 2014-2019. Lewat kendaraan yang sama yakni Partai Hanura yang menduduki 7 kursi di DPRD Nunukan, terrpilih lagi untuk kedua kalinya menjadi Anggota DPRD dan ditunjuk sebagai Ketua DPRD Nunukan Periode 2019-2024.

“Jujur saya tidak pernah kepikiran bisa sejauh ini. Saya juga tidak menduga kenapa bisa saya berhasil mengikuti jejak politik bapak (H Abul Hafid Ahmad). Mungkin karena kehendak Nurani Rakyat yang telah kita tanamkan di hati masyarakat selama ini, karena kalau kita baik pada sesama insyaallah Tuhan membalas kebaikan kita dengan caranya sendiri,” tuturnya.

“Harapan saya, sekolah bukan halangan untuk membangun daerah, percuma sekolah tinggi-tinggi tapi tidak ada keinginan berkontribusi untuk daerah,” pungkasnya. (arung/*)