Malaysia Lockdown, Ini Nasib Sembako Kabupaten Nunukan

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan Dian Kusamanto. (felix)

“Untuk sementara stok pangan kita di Kabupaten Nunukan masih tergolong aman, karena tidak semua barang atau sembako kita impor dari Tawau.”
Kadis Perdagangan Kabupaten Nunukan
Dian Kusamanto

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Pemkab Nunukan hingga kini masih menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo yang melarang pemerintah daerah untuk melakukan karantina wilayah (lockdown) dalam menghadapi penyebaran virus covid-19.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan Dian Kusamanto mengatakan, Kabupaten Nunukan yang berada di perbatasan ini, sebagian barang atau sembako berasal dari negara tetangga Malaysia khususnya Tawau. Sehingga upaya melakukan lockdown oleh negara Malaysia otomatis lalu lintas barang dan orang ditutup sementara waktu.

“Untuk sementara stok pangan kita di Kabupaten Nunukan masih tergolong aman, karena tidak semua barang atau sembako kita impor dari Tawau,” kata Dian Kusumanto.

Baca:

Menurut dia, sembako yang pasokannya berkurang akibat lockdown oleh negara Malaysia yaitu gula. “Karena memang selama ini untuk pasokan gula kita impor dari Malayasia mengingat harganya lebih murah dibandingkan dari dalam negeri,” ungkap Dian Kusumanto.

Namun dia mengakui, akibat lockdown, harga gula Malaysia yang ada di Nunukan mengalami kenaikan berkisar Rp1000-Rp2000 per kilogram.

Sedangkan sembako dari dalam negeri seperti beras, telur dan sebagainya yang dipasok dari Sulawesi dan Surabaya melalui kapal laut masih lancar.

Untuk distribusi di wilayah Nunukan, selain jalur laut ada juga jalur darat, untuk wilayah Sebuku Sembakung, Lumbis dan sekitarnya itu jalur darat dari Balikpapan, Samarinda, dan Tanjung Selor.

“Pesan saya kepada masyarakat Kabupaten Nunukan untuk tidak terlalu mengkhawatirkan stok pangan kita akibat lockdown oleh negara Malaysia,” katanya.

Dia meyakinkan, selama jalur kapal laut dalam negeri tidak ditutup maka stok pangan Kabupaten Nunukan akan mencukupi kebutuhan masyarakat.

Laporan Stok Barang Pokok Kabupaten Nunukan:

  • Beras = 123 ton tidak termasuk beras Barnas dari Tawau Malaysia
  • Gula Pasir = 9.120 Kg atau sekitar 1 ton
  • Telur= 6.647 piring atau sekitar 1.329 ikat
  • Minyak Goreng= 26.988 liter.

(FBI/*)

One thought on “Malaysia Lockdown, Ini Nasib Sembako Kabupaten Nunukan

  1. Pingback: Longgarnya Pengawasan COVID-19 di Pelabuhan Ferry Juwata Laut Tarakan | Newsurban

Leave a Reply