Pekan Ini, Laboratorium Tes Covid-19 di Sulsel Baru Beroperasi

ILUSTRASI

Walaupun sebelumnya, di Sulsel sudah dinyatakan dua orang positif terinfeksi virus mematikn itu.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Laboratorium khusus tes untuk virus corona (Covid-19), di Sulsel baru mulai beroperasi. Walaupun sebelumnya, di Sulsel sudah dinyatakan dua orang positif terinfeksi virus mematikn itu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari usai presscon yang digelar di Baruga Pattingaloang Jalan Sungai Tangka, Senin (23/3/2020).

Baca jugaGubernur Sulsel Akui 2 Warganya Positif Corona, 1 Meninggal

“Saya telah jelaskan dilihat ada terbangun sekarang balai besar laboratorium kesehatan itu. Insya Allah, pekan ini mulai dibuka dan diharapkan masalah ini bisa selesai nantinya,” bebernya.

Baca jugaNasdem Makassar Bagikan Disinfektan ke Tetangga Positif Corona Meninggal

Menurutnya, keterlambatan itu terjadi karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu hasil tes keluar dari laboratorium di Jakarta.

“Berarti Rabu, karena bahannya masih ditunggu, Insya Allah ini artinya kita menyelesaikan satu masalah, masalahnya adalah keterlambatan hasil itu, itu yang mau diselesaikan,” lanjutnya.

Baca juga: Hingga 23 Maret, Positif Corona 579 Kasus, 49 Meninggal, 30 Sembuh

Ichsan Mustari menuturkan, ke depannya belum dapat memprediksi berapa sampel darah yang dapat di uji per harinya. Kendati demikian, kata dia, laboratorium tersebut akan buka 24 jam.

Untuk saat in, pihak Dinas Kesehatan harus mengirim sampel darah pasien yang diduga terserang covid 19 ke Badan Penelitian dan Pengembangan kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan di Jakarta. Sembari menunggu hasil laboratorium, pasien harus diisolasi selama 14 hari.

Leave a Reply