Duka di Tengah Perang Melawan COVID-19, Ibunda Presiden Jokowi Wafat

Ibunda Presiden Joko Widodo Sudjiatmi Notomiharjo, meninggal dunia. Sujiatmi tutup usia, pada pukul 16.45 WIB, Rabu 25 Maret 2020. Selamat jalan Ibu Motivator.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Kabar meninggalnya Ibunda Jokowi Hj Sudjiatmi Notomiharjo menyita perhatian rakyat negeri. Berita wafanya, Ibunda Jokowi langsung menenggelamkan isu COVID-19 di media mainstream dan media sosial.

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman membenarkan berita ibunda Jokowi meninggal tersebut.

“Saya mendapatkan berita dari Mensesneg Pratikno Berita Duka Innalillahi wa innaillaihi rojiun Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden wafat di Solo pkl 16.45 tadi,” kata dia saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu.

Mendapat kabar meninggalnya ibunda tercinta, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo langsung terbang ke Kota Solo.

Tiba di Kota Solo pukul 17.55 WIB, Jawa Tengah, Jokowi bersama Ibu Negara langsung menuju Rumah Sakit Slamet Riyadi, tempat Ibunda Jokowi dirawat hingga meninggalkan dunia untuk selama-lamanya.

Rumah Sakit Slamet Riyadi, dijaga dengan ketat usai ibunda Jokowi meninggal. Sejumlah polisi dan anggota TNI menjaga pintu masuk rumah sakit tersebut.

Tak semua orang diperbolehkan masuk ke rumah sakit kecuali pasien dan keluarga pasien yang dirawat di RS tersebut.

Jokowi tiba di Kota Solo bersama keluarga dekat menjemput jenazah ibundanya dan membawa ke rumah duka.

Sesuai protokol Kemensesneg, tak ada pejabat yang ikut dalam rombongan Presiden. Itu karena konsistensi penerapan social distancing sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun mengaku terkejut atas meninggalnya Ibunda Jokowi. Ganjar mengaku bertemu dengan almarhumah beberapa bulan lalu.

“Kami memang dapat kabar beliau sakit, ketika kami ingin ke rumah sakit ternyata sudah keluar dan sehat. Makanya saya terkejut mendapat kabar itu,” ungkap Ganjar.

Politisi PDI Perjuangan itu, mengaku almarhumah adalah sosok yang sangat sederhana dan sangat aktif dalam berbagai kegiatan keagamaan.

“Almarhumah sosok yang selalu mendorong, menjadi motivator untuk terus berkarya dan melayani masyarakat dengan baik. Itu yang saya rasakan dari almarhumah,” kenang Ganjar.

Tenaga Ahli KSP Donny Gahral Adian mengatakan, Jokowi tampak sangat bersedih. “Diketahui Pak Jokowi sangat menghormati Ibundanya sebaliknya almarhumah sosok ibu yang sangat dekat dan menyayangi anak-anaknya,” katanya.

Usai rapat bersama keluarga besar memberikan pernyataan. Almarhumah akan dimakamkan di pemakaman keluarga samping makam Notomiharjo, ayahanda Jokowi, Kamis (26/3/20) pukul 13.00 Wita. Selamat jalan Ibu Motivator! (*)

Leave a Reply