Umat Hindu Nyepi di Rumah, Bupati Laura Ucapkan Selamat

Social distancing, keluarga I Made Wirama merayakan nyepi bersama keluarga di rumahnya. (felix-istimewa)

Hari ini (25/3/20), umat Hindu di Indonesia merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942. Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 1 bulan ke-10 dalam perhitungan kalender Bali.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Nunukan, I Made Wirama, mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi 1942 kepada masyarkat Nunukan, khususnya umat Hindu di Kabupaten Nunukan.

Hari Raya Nyepi adalah hari peringatan tahun baru bagi umat Hindu atas naiknya Raja Kanishka di India pada tahun 78 Masehi.

I Made Wirama, menuturkan bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan antara perayaan Nyepi tahun sebelumnya dengan tahun ini, khususnya di Nunukan. Mengingat adanya situasi darurat Covid-19, yang sudah merebak hampir di sejumlah daerah di Indonesia, sehingga perayaan Nyepi tahun ini dirayakan di rumah bersama keluarga, dan saling mengucapkan via sosial media saja.

Baca:

“Kalau tahun sebelumnya, kita melakukan persembayangan door to door ke rumah umat, biasanya pelaksanaannya di kediaman saya, karena untuk rumah ibadah umat Hindu di Nunukan belum ada sampai tahun ini. Selesai persembayangan kita biasanya silahturahmi atau dalam bahasa Sansekerta Sima Krama baik antara sesama umat Hindu maupun dari umat Islam, Kristen, Katolik, Budha, dan Konghucu,” kata Made Wirama.

“Sebagai langkah mengantisipasi Covid-19 yang sudah merebak dan ada aturan pemerintah juga untuk tidak berkumpul dalam jumlah yang banyak sementara waktu, sehingga kita harus patuh akan hal itu, semua demi kebaikan kita bersama, asal tidak menghilangkan esensi perayaan Nyepi,” lanjut Made Wirama saat dihubungi News Urban, Rabu (25/3/20).

Selaku orang yang dituakan sekaligus ketua PHDI Kabupaten Nunukan dia berpesan kepada masyarakat Hindu di Kabupaten Nunukan, semoga dengan adanya perayaan Nyepi 1942, masyarakat Kabupaten Nunukan bisa lebih baik, hidup rukun, damai, dan mampu mengekang hawa nafsu, sehingga apa yang menjadi harapan dan tujuan agama, pemerintah, bangsa dan negara dapat terwujudkan.

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura menyampaikan selamat Hari Raya Nyepi 1942 khususnya kepada umat Hindu di Kabupaten Nunukan.

“Saya ¬†berharap hari raya Nyepi tahun ini mampu memberikan makna membawa kedamaian, kebahagiaan dan ketenteraman bagi umat Hindu yang merayakannya. Di tengah wabah Covid-19 ini, mari kita bersama menjaga kesehatan tubuh, kebersihan diri dan keluarga, konsumsi makanan bergizi, hindari tempat yang ramai sementara waktu,” kata Laura.

“Mari ikuti petunjuk kesehatan yang sudah disebarkan oleh Tim Gugus Tugas di sosial media, ikuti semua aturan yang ada. Semoga Kabupaten Nunukan bebas dari COVID-19, kata Laura saat dihubungi News Urban,” tutur Laura. (FBI/*)

Leave a Reply