Pilkada Serentak 2020, Kesbangpol Nunukan Lakukan Ini

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Nunukan Joko Santoso SH. (felis)

Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Nunukan dalam menyambut pesta demokrasi Pilkada tahun 2020 menyelenggarakan kegiatan Pembauran Kebangsaan di Kecamatan Tulin Onsoi.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Sebagai badan yang memiliki tupoksi dalam hal pelaksanaan tugas di bidang ideologi dan kewaspadaan, ketahanan bangsa, politik dalam negeri, Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Nunukan dalam menyambut pesta demokrasi Pilkada tahun 2020 menyelenggarakan kegiatan Pembauran Kebangsaan di Kecamatan Tulin Onsoi pada 5 Maret 2020 lalu.

Narasumber kegiatan ini dari Polres Nunukan, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Nunukan, dan Kabid Wasbang Kesbangpol Nunukan.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Nunukan, Joko Santoso, SH mengatakan, tujuan kegiatan Pembauran Kebangsaan ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam kehidupan demokrasi bangsa Indonesia.

Baca:

“Mengingat juga tahun ini kita akan masuk dalam momentum pesta demokrasi Pilkada. Jangan sampai perbedaan pendapat maupun perbedaan dukungan calon kepala daerah, membuat konflik, dan perpecahan di masyarakat,” ujar Joko Santoso.

Ia menambahkan, sesuai dengan yang sudah terjadwal, pihaknya akan melakukan kegiatan pendidikan politik di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan dalam menyongsong Pilkada tahun ini.

“Nanti kita akan bekerjasama dengan KPU dan Bawaslu, karena ini di tingkat kecamatan jadi lebih spesifik nanti kepada PPK dan Panwascam.
Sasaran kegiatan ini adalah pemilih pemula dan pemilih perempuan,” tambah Joko Santoso.

Harapannya melalui kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang etika politik, pemilih cerdas dan berintegritas, ini demi menjaga kualitas Pilkada tahun 2020. “Rencananya April mendatang sampai pada Agustus, karena September sudah pelaksanaan pemilihan,” ujarnya.

Namun kata dia lagi, sebagai bentuk antisipasi terhadap merebaknya virus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia, sehingga tanggal pelaksanaan yang sudah kita susun sebelumnya belum bisa dipastikan pelaksanaannya. “Kita berdoa saja semoga bencana non alam Covid-19 ini segera berakhir,” harap Joko Santoso, saat dihubungi newsurban.id, Kamis (26/3/20). (FBI)

Leave a Reply