Hasil Tes Negatif, Wawali Sigit Purnomo Beri Semangat dan Apresiasi Kerja Keras Petugas Medis

Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said S.AP, melakukan pemeriksaan secara mandiri di RSUD Anutapura Palu, Sabtu 28 Maret 2020. (yusuf)

Hasil tes terhadap Sigit Purnomo Said, Wakil Walikota Palu negatif COVID-19. Usai jalani pemeriksaan, Sigit Purnomo memberi semangat dan apresiasi kerja keras dokter dan petugas medis menangani pencegahan penyebaran Virus Corona di Kota Palu.

PALU, NEWSURBAN.ID – Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said S.AP, menyampaikan apresiasi tinggi kepada para dokter dan tenaga medis lainnya di RSUD Anutapura Palu dan di rumah sakit lainnya serta puskesmas di wilayah kota palu atas kerja kerasnya bersama-sama menangkal dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Palu.

Sigit Purnomo mengatakan, bangga kepada dokter dan petugas medis dengan segala keterbatasan menempuh berbagai langkah dan memaksimalkan tenaga medis dan peralatan yang ada serta bantuan penanganan secara mandiri.

“Cara yang tepat untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 ini yakni adanya kesadaran dan sukarela dari warga yang baru dari datang dari luar negeri dan daerah dari wilayah Indonesia untuk memeriksakan dirinya di RS dan puskesmas, ini akan sangat membantu memutus mata rantai penyebaran virus itu,” kata Sigit Purnomo usai memeriksakan diri secara sukarela Sabtu (28/3/20).

Baca:

Menurutnya, dengan adanya kesadaran sukarela dari warga yang baru datang itu maka manfaatnya akan sangatlah besar terhadap upaya pencegahan virus covid-19 itu dikota Palu

Siapa saja warga palu yang baru datang dari luar negeri dan daerah lainnya agar jangan langsung kerumahnya dulu, yang bersangkutan harus langsung kerumah sakit untuk memeriksakan kesehatan yakni pemeriksaan sample darah yang hasilnya juga bisa diambil dihari itu juga.

Bahkan bagi warga yang datang dari luar daerah terutama yang berasal dari daerah yang sudah terpapar COVID-19 semua juga harus langsung ke rumah sakit.

“Sangat besar manfaatnya dari pemeriksaan tersebut yakni untuk melindungi dirinya, melindungi keluarganya dan melindungi masyarakat secara umum,” kata Pasha mantan vokalis Ungu itu.

Pemeriksaan yang harus dilakukan yakni mengambil sample darah yang bersangkutan dibawa ke lababoratorium di RSUD Anutapura Palu untuk mengetahui hasilnya.

“Laboratorium di RS Anutapura akan mengeluarkan hasi pemeriksaan itu meliputi tes darah putih, lendir, kalau kemudian adanya ditemukan masalah dari pemeriksaan tersebut maka yang bersangkutan harus dengan ikhlas dan kesadaran diri menjalani perwatan di RS terlebih dahulu,” harap Wawalikota Sigit Purnomo.

Dirinya juga menjelaskan soal kedatangannya ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya itu adalah bentuk kesadaran dirinya sendiri yang dilakukan dengan harapan agar kiranya hal tersebut dapat menjadi contoh bagi warga lain terutama warga yang pulang dari luar daerah.

“Jadi langkah terbaik yang akan kita lakukan yakni mencegah masuk nya virus itu melalui akses pintu pintu masuk kekota palu secara ketat dan tentunya hal itu harus didukung oleh semua pihak, khususnya warga yang baru datang dari luar daerah atau luar negeri untuk secara sukarela dengan kesadaran diri memeriksakan dirinya di RS terdekat atau langsung ke rumah sakit pemkot palu RSUD Anutapura,” jelas Sigit Purnomo.

Sementara itu Plt Direktur RSU Anutapura Palu dr Hary Mulyadi, dari hasil rapit test COVID-19 pemeriksaan kepala instalasi laboratorium RSU Anutapura Palu, dr Suriyanti M.Kes SpPK terhadap Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said A.AP dinyatakan negatif dengan jenis pemeriksaan spesimen darah/RJ jenis Sars Cov-2 Antibody, hasil non Reaktif.

Bahkan disebutkan jika saat ini Pemkot Palu telah menggelontorkan anggaran untuk penanganan covid 19 sebesar 1,8 milyar untuk tiga OPD yakni untuk RSUD Anutapura Palu, Dinas Kesehatan dan Dishub Kota Palu serta akan menyusul lagi adanya pergeseran anggaran khusus untuk penanganan covid 19 di wilayah kota palu dengan menunggu persetujuan dari DPRD Kota Palu. (yusuf/*)

Leave a Reply