1 Pasien Positif Covid-19 di RSUD Tarakan Membaik, PDP Balita 4 Tahun di Nunukan Negatif

Direktur RSUD Kota Tarakan dr M Hasby.

Satu dari dua pasien positif COVID-19 di RSUD Kota Tarakan membaik. 50 tenaga medis yang pernah berkontak dengan pasien itu negatif. Sementara satu pasien anak 4 tahun di RSUD Nunukan dinyatakan negatif COVID-19.

TARAKAN, NEWSURBAN.ID – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), M Hasby mengatakan kondisi pasien positif tertular virus corona (COVID-19) membaik. Sedangkan tenaga kesehatan yang pernah kontak dengan pasien tersebut, sudah 50 orang lakukan tes cepat atau rapid test.

Menurut Hasby, kondisi pasien yang menjalani perawatan di ruanf isolasi RSUD Kota Tarakan secara umum membaik.

Hasby juga menjelaskan, 50 orang yang pernah berkontak dengan pasien, berdasarkan pemeriksaan hasilnya negatif. Rontgen paru-paru 50 orang tersebut lanjut dia, tidak ada tanda infeksi.

Selain 50 tenaga medis yang menjalani rapid test dan rontgen, 95 tenaga perawat lainnya juga menjalani rapid test.

Baca: Dua Warga Kaltara Positif COVID-19, Gubernur: Waspada Jangan Panik

Hasby menegaskan dalam hal ini pihaknya tidak melakukan kelalaian. Diketahui pasien positif itu ada riwayat perjalanan dari daerah terjangkit COVID-19 yakni Jakarta.

“Setelah dicurigai saat itu, petugas menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap. Penggunaan APD juga harus bijak karena keterbatasan,” kata Hasby.

Di Kota Tarakan, saat ini, ada 8 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), di mana 1 orang menunggu hasilnya, sedangkan 1 pasien positif. Sebelumnya, Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyampaikan bahwa 2 warganya positif tertular covid-19.

“Dengan segala keprihatinan, pagi ini (27/3) di depan awak media, saya mengumumkan adanya 2 warga kita positif terjangkit covid-19, has3il uji Laboratorium Kesehatan Surabaya,” kata Irianto dalam siaran pers diterima di Tarakan, Jumat (27/3).

Satu pasien positif tengah dalam penanganan di ruang isolasi RSUD Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor. Satu pasien positif lainnya dirawat di ruang isolasi RSUD Pemprov di Kota Tarakan.

Sementara itu, Direktur RSUD Nunukan dr Dhulman dalam video yang dishare mengatakan, pasien anak 4 tahun berstatus PDP yang dirawat selama 8 hari di RSUD Nunukan negatif COVID-19. (*)

One thought on “1 Pasien Positif Covid-19 di RSUD Tarakan Membaik, PDP Balita 4 Tahun di Nunukan Negatif

  1. Pingback: Langka di Pasaran,  SMK Kesehatan Borneo Nunukan Produksi Hand Sanitizer | Newsurban

Leave a Reply