Langka di Pasaran,  SMK Kesehatan Borneo Nunukan Produksi Hand Sanitizer

Kepala Sekolah SMK Kesehatan Borneo Nunukan Asnania S.Kep

Kelangkaan hand sanitizer di pasar Kabupaten Nunukan mendorong pelajar SMK Kesehatan Borneo Nunukan memproduksi secara mandiri.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Sulitnya mencari alat pelindung kesehatan (APK) di tengah wabah Virus Corona yakni salah satunya hand sanitizer/hand clean, beberapa pelajar di SMK Kesehatan Borneo Nunukan 😎 berinisiatif memproduksi hand sanitizer anti septan pembersih tangan yang berbahan baku dari alkohol. Produksi APK tersebut dibawah binaan Hendro Prayugo S.Farm, Ketua Jurusan Farmasi sekaligus pembina Bidang Kewirausahaan SMK Kesehatan Borneo Nunukan.

Pelajar yang terlibat dalam produksi APK tersebut terdiri dari 4 putri dan 2 putra yaitu; Limtun, Tri Pinsen, Rahmawati, Nur Hijrah, Nanda Edlan, dan Nur Anisa.

Baca: 1 Pasien Positif Covid-19 di RSUD Tarakan Membaik, PDP Balita 4 Tahun di Nunukan Negatif

Produksi APK dilakukan di Laboratorium Khusus Farmasi Sekolah SMK Kesehatan Borneo Nunukan.

“Produksi ini kita mengacu pada Badan POM, bahan-bahan Alkohol,  Glueserin, Hidrogenperosida dan Aquades (Air Putih). Kadar sudah terkonsentrasi yakni dengan kadar  60-80%. Kita sesuai dengan prosedur Kemenkes dan Hari ini kami memproduksi 150 Hand Sanitizer/Hand Clean dengan ukuran 60 ml,” kata Hendro.

Sementara Kepala Sekolah SMK Kesehatan Borneo Nunukan Asnania S.Kep, yang turut mendampingi dan mendukung secara langsung mengatakan langkah ini, sebagai tindakan melihat susahnya Hand Sanitizer/Hand Clean di Nunukan.

“Alhamdulillah.. Sebenarnya ini merupakan produksi Kewirausahaan bidang kesehatan ketiga kalinya untuk pasarannya di sekolah-sekolah  dan masyarakat Nunukan secara umum.  Perlu diketahui sebelumnya permintaan pasar  bahkan sampai  ke Tanjung Selor (Bulungan) dan Kota Tarakan. Karya ini bukan untuk bersifat sementara saja, tetapi hal ini kami lakukan jangka panjang dan untuk kemajuan sekolah ke depannya,” beber Asnania.

Bahan-bahan yang digunakan didapatkan  dari Makassar, Sulsel. “Untuk saat ini kami produksi jualan khusus bagi mereka yang masih punya pekerjaan diluarsana dan tidak bisa meninggalkan pekerjaannya. Dengan adanya Hand Sanitizer cukup mudah dikantongi untuk digunakan di tengah maraknya wabah Covid-19, jangan takut harganya tinggi. Kami tetap dengan harga sesuai apa adanya di pasaran tanpa menaikkannya di tengah kesulitan masyarakat,” ungkapnya.

Dia menambahkan. “Ke depannya segera kami  adakan pembagian gratis kepada masyarakat yang kurang mampu (membutuhkan) yaitu membagikan desinfektan, insyaallah bekerjasama dengan PMI Nunukan seraya door to door ke rumah-rumah warga secara acak,” pungkasnya. (arung/*)

One thought on “Langka di Pasaran,  SMK Kesehatan Borneo Nunukan Produksi Hand Sanitizer

  1. Pingback: SMK Kesehatan Borneo Beri Bantuan Penanganan Covid-19 ke PMI Nunukan | Newsurban

Leave a Reply