Satu Warga Luwu Timur Positif Corona, ODP 179 dan PDP 6 Orang

Foto Simulasi penaganan virus corona di Rumah sakit I La Laga ligo Luwu Timur, Selasa (10/03/2020). Foto: Dedi Wartawan Newsurban.id

”Jadi, yang bersangkutan bukan merupakan pasien rujukan dari Luwu Timur. Yang bersangkutan memeriksakan diri di RS Wahidin dan hasil labnya dinyatakan positif covid-19,” Ketua Tim Gugus Covid-19 Luwu Timur, Zabur, Senin (30/03/2020).

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID – Satu warga Luwu Timur dinyatakan terpapar positif virus corona (Covid-19). Hal ini diketahui setelah diumumkanya melalui website https://covid19.sulselprov.go. id per tanggal 30 Maret 2020.

Website tersebut, Kabupaten Luwu Timur tercatat dalam pemantauan (ODP) 50 kasus, pasien dalam pengawasan (PDP) 6 kasus dan 1 positif. Warga dinyatakan positif ini, berusia 68 tahu, jenis kelamin laki-laki, beralamatkan Kelurahan Magani, Kecamatan Nuha, Luwu Timur.

Ketua Tim Gugus Covid-19 Luwu Timur, Zabur membenarkan warga Luwu Timur, positif terinfeksi virus corona.

Baca juga: Husler Instruksikan Penyemprotan Serentak di Seluruh Kecamatan di Luwu Timur

“Ya, benar. Setelah dilakukan penelusuran ternyata warga Luwu Timur yang disebutkan positif covid 19, memang berdomisili di Luwu Timur. Namun yang bersangkutan sudah dua bulan tidak berada di Luwu Timur,” ungkapnya, Senin (30/03/2020).

Lanjut, kata Zabur ini, informasi terakhir menyebutkan jika yang bersangkutan memang pernah ke India. “Saat ini yang bersangkutan mengalami gejala covid-19 sempat memeriksakan kondisi kesehatannya di RS Wahidin Makassar.,” ucapnya.

Baca juga:  ODP dan PDP Makin Bertambah di Luwu Timur, Imbauan Pemda Kurang Manjur?

”Jadi, yang bersangkutan bukan merupakan pasien rujukan dari Luwu Timur. Yang bersangkutan memeriksakan diri di RS Wahidin dan hasil labnya dinyatakan positif covid-19,” tandasnya.

Dalam laporannya, Zabur mengatakan, jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) Corona Virus Desiase 19 (Covid-19) hingga hari ini, Senin, 30 Maret 2020 berjumlah 179 orang. Jumlah ini meningkat dari dua hari sebelumnya yakni Jumat, 27 Maret 2020 dengan jumlah ODP hanya sebanyak 138 orang. Mereka yang berstatus ODP itu umumnya telah bepergian kedaerah-daerah pandemi corona.

Baca juga: Di Luwu Timur ODP Bertambah, Apakah Pemda Siap “Lawan” Covid-19?

“Jumlah orang yang dipantau sebanyak 179 orang, sementara berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 6 orang, keseluruh orang yang masuk dalam kategori ODP dan PDP saat ini masih terus dipantau dan diawasi oleh pihak Dinas Kesehatan, ungkap Zabur.