Pemkab Nunukan Perpanjang Masa Belajar dari Rumah

H Junaidi SH Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan.

Pemkab Nunukan memperpanjang belajar dari rumah melalui surat edaran yang ditandatangani Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Bupati Nunukan Laura mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 86/338/Setda-Humpro/III/2020 Tentang Perpanjangan Masa Peserta Didik Belajar Dari Rumah TK/PAUD, SD/MI dan SMP/MTs dan Kesetaraan di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan.

Surat edaran Bupati Nunukan sebagai tindaklanjut Surat Edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, Himbauan Gubernur Kalimantan Utara Nomor: 360/004/GT-Covid-19/III/2020, Maklumat Kepolisian Republik Indonesia Nomor: Mak/2/III/2020 tanggal 19 Maret 2020 Tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Covid-19, dan Surat Keputusan BNPB Nomor: 13 A Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan H Junaidi, SH mengatakan, perpanjangan masa siswa/i belajar dari rumah khususnya untuk PAUD/TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs, sebagai langkah antisipasi kita bersama untuk memutus rantai penyebaran covid-19 yang sudah merebak ke sejumlah daerah di Indonesia.

Baca: 

SE BUPATI perpanjangan masa peserta didik belajar dari rumah

“Mengingat hal itu, sehingga terhitung mulai tanggal 1-15 April 2020, satuan pendidikan mulai dari PAUD/TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs dan Kesetaraan Se-Kabupaten Nunukan meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah,” kata Junaidi.

Kemudian guru kata dia, tetap memandu proses pembelajaran dengan penugasan tertulis (offline), pembelajaran daring melalui group whatshapp dan aplikasi lainnya.

Untuk orang tua/ wali murid sambung Junaidi, harus melakukan pendampingan dan pengawasan kepada anak-anaknya untuk tidak membeli jajanan yang kurang atau tidak higienis serta menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, rajin olahraga, mencuci tangan menggunakan sabun dan membiasakan perilaku hidup sehat.

“Saya menegaskan kembali bahwa perpanjangan libur sekolah ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh anak-anakku sekalian untuk mengerjakan tugas yang diberikan sekolah dan belajar mempersiapkan diri dari sekarang untuk menghadapi ujian semester dan ujian akhir sekolah,” beber Junaidi.

“Peran para guru khususnya orang tua/wali murid sangat kami harapkan selama situasi darurat covid-19 ini, harus update informasi misalnya melalui group whatshapp, karena sekarang ada jadwal pembelajaran melalui On Air di Radio khusus RRI Nunukan,” tambah Junaidi saat dihubungi newsurban.id Senin (30/3/20).

Dia berharap informasi media pembelajaran seperti ini dapat dikomunikasikan oleh para guru kepada orang tua/wali murid atau langsung kepada siswa/i melalui group whatshapp. (FBI)

One thought on “Pemkab Nunukan Perpanjang Masa Belajar dari Rumah

  1. Pingback: Masa Darurat Covid-19, 10 Pejabat Instansi Hadiri Rapat Koordinasi Via Vicon | Newsurban

Leave a Reply