Pemkot Makassar Imbau Toko Sembako Ikuti Aturan Jaga Jarak

Pemerintah Kota Makassar menginstruksikan kepada toko kebutuhan pokok untuk menjalankan protokol kesehatan, seperti jaga jarak.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Di Tengah mewabahnya virus Corona Covid-19 Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb sengaja datang meninjau serta melihat secara langsung standar pelayanan bagi Konsumen yang ingin berbelanja kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) di Hypermart (Lotte Mart) di Mal Panakkukang , Kamis 2 April 2020.

Menurut Iqbal selama toko toko ataupun supermarket menerapkan aturan physical distancing dengan ketat tentunya proses jual beli khususnya untuk kebutuhan pokok masyarakat luas harus tetap jalan, apalagi dalam kondisi seperti ini masyarakat tentunya butuh ketersediaan sembako.

“Alhamdulillah disini proses jaga jarak berjalan dengan baik mulai dari proses antrian, kantinnya, pembelian, dan kasirnya semua menjaga physical distancing, itu yang kita harapkan semua toko-toko menerapkan itu, bila itu berjalan dengan baik tidak perlu kita tutup,” ujar Iqbal Suhaeb saat meninjau Lottemart di Mal Panakkukang, Kamis 2 April 2020.

Sementara itu, Hanif Wahyono selaku Store GM Lotte Mart Mall Panakkukang, menjelaskan memang toko sembako, retail Hypermarket dan Apotik harus tetap buka seperti itu karena beberapa pertimbangan.

” Justru kita diminta untuk tetap buka hanya saja jam operasional kita kurangi untuk melindungi pelanggan dan karyawan, kalau kita tutupkan masyarakat juga akan sulit mendapatkan kebutuhan pokok harian di rumah,mereka” ucap Hanif.

Menurut Hanif selama beroperasi pihaknya memberikan standar pelayanan untuk menjaga para pelangganya, dimana menerapkan beberapa peraturan seperti para karyawan harus memakai masker dan sarung tangan.

“Setiap keranjang dan trolley belanja dibersihkan setiap saat, lalu tanda pembatas untuk antrian harus ada jarak, pihaknya juga menyediakan Handsanitizer, serta menggunakan alat Thermo gun untuk pengecekan suhu tubuh di depan pintu masuk, Tidak hanya itu, untuk para karyawan diberikan waktu istirahat dan kebutuhan tambahan seperti vitamin,” jelasnya. (*)

Leave a Reply