Prof Moh Ivan Azis Dosen Unhas Prediksi Virus Corona Berakhir Bulan Juni

Prof Moh Ivan Azis dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas)

“Setelah diamati saya prediksi, nearly-zero infected (hampir nol terinfeksi) akan tercapai sekitar 17 Mei sampai 1 Juni 2020 mendatang.” ungkap Prof Moh Ivan Azis dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas), Kamis (02/04/2020).

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Prof Moh Ivan Azis dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas) memprediksi berakhirnya pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia sekitar pertengahan bulan Mei sampai awal Juni mendatang 2020.

Dalam penelitiannya menggunakan metode pencocokan – kurva (melihat perkembangan) kasus postif terinfeksi virus corona. Model digunakan diberi nama model Sangat Sederhana Sekali (SSS).

Prof Ivan menjelaskan pengambilan sampel atau data melalui https://kawalcovid19.id dengan pencocokan data positif terjangkit corona. Penerapan metode itu, kata dia, dengan mengambil asumsi hasil penelitian sebelumnya yang dilakukan di China, yakni pertumbuhan wabah corona mengikuti fungsi eksponesial.

“Satu-satunya set data yang digunakan bersumber dari Kawal Covid https://kawalcovid19.id, digunakan untuk memprediksi jumlah terinfeksi positif pada hari-hari selanjutnya” katanya, Kamis (02/04/2020).

Prof Ivan menghitung, mulai 2 Maret sampai 7 April jumlah postif terjangkit meningkat sangat signifikan. Namun, di perjalannya mulai tanggal 8 April jumlah terinfeksi positif akan menurun.

“Setelah diamati saya prediksi, nearly-zero infected (hampir nol terinfeksi) akan tercapai sekitar 17 Mei sampai 1 Juni 2020 mendatang.” ungkapnya.

Presentasi hitungan perhari

Menurut Prof Ivan, yang menjadi indikator berkahirnya virus corona di Indonesia, diakibatkan kesadaran masyarakat indonesia untuk melakukan Social/Physical Distancing sesuai imbauan pemerintah.

“Social/Physical Distancing itu penyebab utamanya dan kesadaran masyarakat itu sendiri. Masyarakat belajar dari rasa takutnya, sehingga sadar bahwa physical distancing sangat perlu dilakukan,” pungkasnya.

Untuk melihat langsung hitungan matematika yang dimiliki oleh Prof Moh Ivan Azis dosen Unhas ini. Klik ini Plot_Covid

 

Leave a Reply