Berdayakan Penjahit Lokal Buat Masker untuk Dibagikan

Konveksi lokal memproduksi masker kain pesanan pasangan bakal calon bupati-wakil bupati Maros, Chaidir Syam dan Suhartina Bohari. (ist)

Hingga saat ini, pasangan bakal calon bupati-wakil bupati Maros, Chaidir Syam dan Suhartina Bohari sudah membagikan 5.000-an masker kain. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah.

MAROS, NEWSURBAN.ID — Pasangan yang mengusung tagline ‘Hati Kita Keren’ ini terus bergerak membagi-bagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat.

Khusus masker, pasangan ini memberdayakan penjahit lokal yang ada di Kabupaten Maros untuk membuat masker kain. “Ini bisa menambah penghasilan ibu-ibu yang tinggal di rumah,” ujar Chaidir, Senin (6/4/20).

Apalagi, kata Chaidir, pemerintah melalui Juru Bicara Penanganan Civid-19, Achmad Yurianto telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk menggunakan masker guna mencegah penyebaran virus Corona.

Baca: Pasangan Hati Kita Keren Bagikan Ratusan Paket Sembako di Zona Merah Penyebaran Covid-19

“Maka dari itu, saya mengajak masyarakat untuk memperhatikan imbauan ini demi kesehatan dan keselamatan kita semua,” pesan Wakil Ketua DPRD Maros ini.

Menurut Chaidir, masker kain bagi warga yang harus beraktivitas di luar rumah setidaknya bisa meminimalisir dampak penularan virus utamanya Covid 19.

“Yang kami kutip dari sumber BNPB, sesuai hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen,” ucap Ketua PMI Kabupaten Maros ini.

Chaidir menambahkan, jadi bukan hanya yang sakit, tetapi yang sehat juga harus pakai masker agar mencegah penularan wabah ini. Menurutnya, kita tidak tahu akan bertemu siapa di luar sana, apakah terpapar atau tidak sehingga semua perlu waspada dan meminimalisir rantai penyebarannya.

“Namun tak hentinya juga kami mengimbau masyarakat diharapkan untuk tetap jaga jarak saat berada di keramaian, minimal satu sampai dua meter dan apabila tidak memiliki kegiatan penting di luar sebaiknya tetap tinggal di rumah,” saran Chaidir. (nt)

Leave a Reply