Rp3,6 Miliar Anggaran Corona, Ini yang Dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Nunukan

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Nunukan Hasan Basri

Bupati Nunukan Hj Asmin Luara Hafid menyiapkan anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp3,6 miliar. Penggunaan anggaran dibuka ke publik.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Kabag Humas dan Protokol sekaligus Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Nunukan Hasan Basri mengatakan  penggunaan anggaran dilakukan secara transparan. Laporan kegiatan dibuka ke publik.

“Dari realokasi anggaran di Pemda Nunukan terkumpul Rp3,6 miliar untuk penanganan Covid-19,” kata Hasan Basri, di Nunukan, Senin 6 April 2020.

Anggaran tersebut, kata Hasan, akan digunakan untuk berbagai kegiatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Nunukan. Di antaranya untuk kegiatan kuratif, tracing, operasioanal tenaga di lapangan dan penanganan akibat wabah Covid-19.

RINCIAN ANGGARAN:
1. Kebutuhan Logistik APD, Alat Bahan dan Obat-Obatan sebesar Rp1,54 miliar
2. Karantina Orang Dalam Pengawasan dan Isolasi  sebesar Rp105 juta
3. Rujukan sebesar Rp350 juta
4. Biaya transportasi dan operasional petugas lapangan Rp1,69 miliar
Total Rp3,698.654.300
Sumber: BTT dan APBD Dinkes

Baca: Pemkab Nunukan Siapkan Rp3,6 Miliar Untuk Antisipasi Covid-19

Sebelumnya Bupati Nunukan telah meminta pada seluruh Kepala Desa yang ada di kabupaten Nunukan untuk melakukan hal yang sama yakni melakukan realokasi ADD Covid-19 di masing-masing Desa.

“Kami sebelumnya telah meminta agar kepala Desa  melakukan hal yang sama, sehingga penanganan wabah Covid-19 bisa tertangani secara komprehensif baik di tingkat kota maupun desa. Alhamdulillah contohnya beberapa teman-teman di desa yakni seperti Desa Binusan dan Desa Lapri Sebatik  secara bertahap sudah melakukan pencegahan dan memperketat pengawasan,” kata Hasan.

Hasan mengatakan, pemesanan APD sudah dipersiapkan. “Untuk alat APD kami sudah memesannya dan nanti kami distribusikan,” katanya.

Terpisah Ketua Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) DPRD Nunukan Hj Nikmah mengatakan, penanganan wabah Covid-19 di Nunukan memang memerlukan anggaran yang tidak sedikit.

Karena itu, dia berharap Bupati Nunukan bisa memanfaatkan dana-dana yang ada, jika ke depannya masih memerlukan anggaran.

Anggaran tersebut, kata Nikmah, sebaiknya digunakan pada kegiatan yang langsung bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat akibat kondisi wabah corona. Dia menyebut contoh, pengadaan alat kesehatan dan alat perlindungan diri (APD), serta bantuan langsung ke masyarakat seperti bantuan sembako dan air minum selama masa stay at home yang belum ditentukan masa berakhirnya.

Sebelumnya Anggota DPRD Nunukan telah melakukan beberapa kegiatan sukarela mandiri yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Seperti penyemprotan disenfektan dari rumah warga, tempat ibadah, sekolah, pertokoan, membagikan alat APD, membagi masker, membagikan makan minum ke pos tim gugus tugas covid 19, memberi donasi kepada PMI Meskipun masih terbatas kami tetap peduli kemanusiaan dan ikut serta dalam membantu pemerintah guna mencegah wabah Covid-19 ini.

“Di tengah kefokusan semua tim Gugus Tugas baik dari Pemda, tim medis, relawan,  dan TNI-Polri bersama masyarakat untuk melawan Covid-19 kami yakin Pemda punya tujuan yang baik. Selain fokus di lapangan tapi masih bisa memberikan kejelasan anggaran percepatan penagananan Covid-19 kepada publik, kami apresiasi langkah Pemda.  Sudah semestinya kita semuanya harusnya saling melengkapi disaat-saat seperti ini yang berperang melawan wabah,” ujarnya. (arung)

One thought on “Rp3,6 Miliar Anggaran Corona, Ini yang Dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Nunukan

  1. Pingback: Ratusan TKI dari Malayasia Tertunda Transit ke Nunukan | Newsurban

Leave a Reply