6 Orang Penggali Kubur Pasien Corona, Tim Gugus Luwu: Hasil Rapid Test Negatif 

ILUSTRASI

“Ada 6 masyarakat yang bertugas memakamkan jenazah warga desa Lalong yang dikarantina. Untuk memastikan status mereka apakah positif atau negatif, telah digunakan pemeriksaan dengan menggunakan alat rapid test pada pukul 13.00 WITA oleh tim kesehatan Dinas kesehatan Pemerintah Kabupaten Luwu sebagai tim Gugus tugas dan hasilnya negatif, ” kata Wakil Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Luwu AKBP Fajar Dani Susanto, Selasa (07/04/2020).

LUWU, NEWSURBAN.ID – Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Luwu, melakukan tes dengan menggunakan Rapid test kepada 6 orang penggali kubur pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia dan dimakamkan di Desa Lalong, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, pada Jumat ( 03/04/2020), lalu.

Wakil Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Luwu AKBP Fajar Dani Susanto, mengatakan untuk memastikan warga Walenrang yang ditugaskan memakamkan jenazah yang positif covid-19, yang statusnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan sementara dikarantina, hari ini dilakukan tes untuk mengetahui apakah positif atau negatif.

Baca jugaLawan Corona, Legislator Dhevy Bijak Serahkan APD ke RS dan Puskesmas di Luwu

“Ada 6 masyarakat yang bertugas memakamkan jenazah warga desa Lalong yang dikarantina. Untuk memastikan status mereka apakah positif atau negatif, telah digunakan pemeriksaan dengan menggunakan alat rapid test pada pukul 13.00 WITA oleh tim kesehatan Dinas kesehatan Pemerintah Kabupaten Luwu sebagai tim Gugus tugas dan hasilnya negatif, ” kata Fajar Dani Susanto, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (07/04/2020).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Basuki Rahmat mengatakan saat ini kabupaten Luwu telah memiliki alat rapid test untuk memeriksa seseorang apakah positif dan negatif terpapar virus covid-19

“Kami sudah ada stok alat rapid test sebanyak 40 buah. Alat rapid test ini bantuan dari pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan. Memang jumlahnya sangat kecil, namun sangat bermanfaat. Kami juga berinisiatif untuk pengadaan rapid test dengan anggaran daerah, namun sampai hari ini barangnya belum ada,” ucap Basuki.

Baca juga: Demokrat Luwu Bantu Pemerintah Lawan Virus Corona

Sebelumnya, satu pasien Covid-19 asal Desa Lalong, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, berinisial DP (70) yang telah dimakamkan pada Jumat ( 03/04/2020, lalu dinyatakan positif.

“Hasil laboratorium pemeriksaan swab-nya baru keluar hari ini dan dinyatrakan positif,” kata Fajar.

Fajar menambahkan bahwa pihak keluarga korban di Makassar sedang dikarantina, dan keluarga yang di Walenrang sudah 3 bulan tidak ketemu almarhumah, saat dimakamkan di Kecamatan Walenrang, jenazah almarhum diperlakukan sesuai standar atau SOP pemakaman korban Covid-19.

“Tempatnya dikubur di wilayah perbukitan yang jauh dari pemukiman. Kedalaman kuburan mencapai 3 meter, saat ini keluarga almarhumah sudah dikarantina termasuk 6 orang penggali kubur,” jelas Fajar.

Leave a Reply