Musrenbang Melalui Virtual, Bupati Laura Harapkan Ini

Dari kantor masing-masing Musrenbang Tingkat Kabupaten Nunukan Tahun 2020 digelar hari ini, Selasa (7/4) menggunakan Virtual Meeting melalui aplikasi Zoom. (humas)

Musrenbang Tingkat Kabupaten Nunukan Tahun 2020, Selasa 7 April  menggunakan Virtual Meeting melalui aplikasi Zoom. Ini harapan-harapan Bupati Laura.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Menjalankan amanat dan kewajiban dari undang-undang,  Musrenbang Tingkat Kabupaten Nunukan Tahun 2020 digelar hari ini, Selasa (7/4) dengan menggunakan Virtual Meeting melalui aplikasi Zoom.

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid (Bupati Laura) didampingi oleh Sekretaris Daerah Serfianus, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan Juni Mardiansyah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin, Kepala BPKAD Iwan Kurniawan, Kadis Kominfotik Kabupaten Nunukan Suprianto berada di room meeting Kantor Bupati Nunukan, sedangkan peserta lainnya berada di room masing masing kantornya.

Tampak Ketua DPRD Kabupaten Nunukan Hj Rahma Leppa Hafid juga menyampaikan pokok–pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten Nunukan dari roomnya. Demikian juga Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Utara juga mempresentasikan arah kebijakan pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dari room meeting di Kantor Pemprov Kalimantan Utara.

Baca:

Bupati Laura menyampaikan, prinsip utama penyelenggaraan Musrenbang adalah menyepakati program dan kegiatan prioritas untuk mencapai mufakat melalui  pendekatan     atas ke bawah dan bawah ke atas, sesuai     dengan kewenangan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Musrenbang RKPD Kabupaten Nunukan tahun 2020 menurut Laura merupakan forum pertemuan antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah kabupaten nunukan.

“Musrenbang ini adalah perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah dalam rangka membahas rancangan awal  RKPD Kabupaten Nunukan tahun 2021 menjadi rancangan akhir RPKD Kabupaten Nunukan tahun 2021. Melalui Musrenbang masyarakat dilatih memikirkan gagasan untuk memajukan daerahnya dan berargumentasi berdasarkan data/informasi yang akurat. Melalui proses ini, masyarakat menyusun prinsip  dan  nilai  yang  menjadi  rujukan  bersama  sehingga  muncul  kontrol  social,” tutur Bupati Laura.

Bupati Laura juga menjelaskan, Musrenbang berarti penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah Kabupaten Nunukan tahun 2021. Sasaran dan prioritasnya pembangunan daerah Provinsi Kalimantan utara tahun 2021 menghasilkan program dan kegiatan daerah kabupaten/kota yang selaras dengan program Provinsi Kalimantan Utara untuk dibahas dan disepakati dalam Musrenbang RKPD Provinsi.

Dengan memahami pengertian dari Musrenbang seperti tersebut, menurut  Bupati Laura, menjadi tantangan bagi para pihak untuk mewujudkan tujuan dari Musrenbang.

“Dengan memahami tujuan yang mulia tersebut di atas, walaupun saat ini kita menyelenggarakan Musrenbang tahun 2020 dengan virtual meeting sebagai wujud kesadaran kita semua untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Nunukan,” lanjut Laura.

“Saya berharap Musrenbang tahun 2020 di Kabupaten Nunukan tetap dapat berjalan dengan penuh semangat dan tetap terjaga kualitasnya. Tentunya kita dapat menggunakan parameter output/manfaat yang telah ditentukan di awal,” ujarnya.

Parameter dimaksud adalah adanya kesepakatan dalam permasalahan pembangunan daerah kabupaten nunukan tahun 2021. Kemudian adanya kesepakatan dalam  sasaran dan prioritas pembangunan daerah kabupaten nunukan tahun 2021. Juga adanya kesepakatan terkait program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi kegiatan semua perangkat daerah.

Parameter output lainnya lanjut Laura adanya masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Nunukan tahun 2021.  Juga mengajak dan mendidik publik untuk peduli dengan pelaksanaan pembangunan daerah Kabupaten Nunukan.

Selain itu, memberikan ruang partisipasi masyarakat yang dijamin haknya oleh undang-undang. “Serta yang tidak kalah pentingnya adalah menyelaraskan antara harapan masyarakat dengan kemampuan pemerintahan daerah,” ujar Bupati Laura. (humas/arung/*)

Leave a Reply