Ketua KNPI Lutim Tolak Puskemas di Burau Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Foto Simulasi penaganan virus corona di Rumah sakit I La Laga ligo Luwu Timur, Selasa (10/03/2020). Foto: Dedi Wartawan Newsurban.id

Puskemas yang berlokasi di Desa Bone Putih, Kecamatan Burau, Luwu Timur, dianggap tidak strategis untuk dilakukan isolasi pasien corona.

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) versi Arham Basmin di Luwu Timur (Lutim), Abdul Rahman menolak atas dilakukan Dinas Kesehatan Lutim untuk menempatkan pasien virus corona (Covidd-19), akan diisolasi di Puskemas Burau.

Menurut Beddu sapaan akrab Abdul Rahman ini, Puskemas yang berlokasi di Desa Bone Putih, Kecamatan Burau, Luwu Timur, dianggap tidak strategis untuk dilakukan isolasi pasien corona.

“Kalau dinas kesehatan dan tim gugus covid-19 Lutim, mengisolasi pasien covid di sana, saya anggap tidak strategis dan efektif. Karena lokasinya tersebut cukup dekat dengan pemukiman warga. Dan, jangan sampai menempatkan lokasi tersebut bukan untuk mengurangi pasien, malah bertambah nantinya ,” ungkapnya, Minggu (12/04/2020).

Baca juga: BREAKING NEWS: Satu Pasien PDP di Luwu Timur Dikabarkan Meninggal di RS PT Vale

Seharunsya, kata Beddu, Pemerintah Luwu Timur, berpikir untuk mencari area yang cukup stategis dan mampu menjamin sterilisasi wilayah. “Ini virus corona cukup berbahaya dan harus mencari wilayah betul-betul jauh dari pemukiman warga. Saya rasa masih banyak tempat di Lutim ini bisa digunkan untuk isolasi pasien corona,” ujar Beddu.

Lanjut dikatanya, lokasi bisa digunakan semacam GOR dan Enggano PT Vale.”Apalagi PT. Vale mengusulkan ke pemerintah, bahwa pasien corona di Luwu Timur yang akan diisolasi di Enggano. Itu saya anggap tempat strategis untuk isolasi pasien corona. Kenapa mesti di pindahkan lagi di Burau?,” tegasnya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Husler Imbau Warga Tidak Mudik ke Luwu Timur

Sementara Juru Bicara (Jubir) gugus covid-19 Luwu Timur, Masdin mengatakan untuk Puskemas baru di Burau menepatkan isolasi pasien corona, sebagai bentuk persiapan pemerintah.

“Puskemas baru di Burau sebagai salah satu tempat kesiapan pemerintah Lutim untuk membludaknya pasien corona yang akan diisolasi,” katanya.

Baca juga: Lawan Corona, Wabup Irwan Sumbangkan Seluruh Gajinya Beli APD

Tak hanya ada di Burau, tempat yang akan digunakan juga di Enggano PT.Vale, Rumah sakit I lagaligo Wotu yang sudah ada 10 ruangan isolasi dan di tambah Puskemas yang baru di Burau.

“Maka ketiga tempat itu, dianggap kami dari Luwu Timur sudah siap jika hal tidak dimungkin nantinya. Dan itu mudah-mudahan tidak bakal terjadi di daerah kita ini,” tutunya.

Walapun saat ini Pemerintah Luwu Timur telah mengalokasi anggran sebanyak Rp. 35 Miliar untuk peruntukan penaganan virus corona di Luwu Timur.

Leave a Reply