Di Zona Rawan Likuifaksi, Pemkot Palu Matangkan Rehabilitasi Gedung AMC

Walikota Palu Hidayat memimpin rapat koordinasi rencana rehabilitasi dan rekonstruksi gedung AMC RS Anutapura bersama SKPD terkait dan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Sulawesi Tengah Syaifullah Djafar di ruang kerja walikota, Senin 13 April 2020. (humas)

Pemerintah Kota Palu harus membuat perencanaan matang terkait Rehabilitasi Gedung Anutapura Medical Center (AMC) RS Anutapura. Pasalnya, lokasinya berada di zona rawan bencana likuifaksi dimatangkan (ZRB 3L).

PALU, NEWSURBAN.ID – Rencana rehabilitasi dan rekonstruksi gedung AMC RS Anutapura dibahas dalam rapat koordinasi yang dipimpin Walikota Palu Hidayat bersama SKPD terkait dan pihak Provinsi Sulawesi Tengah di ruang kerja walikota, Senin 13 April 2020.

Rapat koordinasi digelar sebagai respons Surat Ketua Satuan Tugas Pelaksana Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR provinsi Sulawesi Tengah nomor: HM.05.01/Satgas-PB/17 tertanggal 3 April 2020 tentang rencana rehabilitasi dan rekonstruksi gedung AMC RS Anutapura Palu. (humas)

Rapat koordinasi menyimpulkan beberapa poin terkait pembangunan AMC di kota Palu yang akan dibangun pada Zona Rawan Bencana Lukuifaksi Tinggi (ZRB 3L) yang dituangkan dalam berita acara ditandatangani Walikota Palu dan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Sulawesi Tengah Syaifullah Djafar.

Baca: Walikota Hidayat Minta Warga tidak Ganggu Lahan Eks HGB di Tondo dan Talise

Poin-poin yang menjadi catatan antara lain rehabilitasi dan rekonstruksi Gedung AMC RS Anutapura Palu dapat dilaksanakan dengan ketentuan harus ada jaminan tertulis dari Tim Leader Konsultan Perencana dan atas Persetujuan tertulis dari Kepala Balai Prasarana Permukiman wilayah Sulawesi Tengah terkait kekuatan struktur bangunan dengan mempertimbangkan hasil kajian geoteknik potensi Gempa dan Likuifaksi.

Selain itu, menyiapkan hasil kajian geoteknik secara detail sebagai dasar perencanaan pondasi dan harus ada penjelasan mengenai umur pakai atau life time dan pemeliharaan (maintenance dan operasional) untuk perangkat peredam getaran.

Catatan lainnya, yaitu pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi Gedung AMC RS Anutapura Palu harus melibatkan Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG) kota Palu sejak tahapan perencanaan (DED) dan selama masa pelaksanaan. (humas/yusuf)

Leave a Reply