246 Penghuni Rutan Makassar Segera Dibebaskan

Sesuai dengan peraturan kepada kasus pidana umum dan kasus-kasus yang tidak terkait dengan PP 99/tahun 2012

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Sebanyak 264 orang narapidana yang menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1a Makassar mendapatkan asimilasi terkait adanya wabah Covid-19 yang kini melanda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Yang mendapat asimilasi dari Rutan Makassar saat ini sudah 264 orang. Sesuai dengan peraturan kepada kasus pidana umum dan kasus-kasus yang tidak terkait dengan PP 99/tahun 2012,” kata Kepala Rutan Klas 1a Makassar, Sulistyadi Selasa(14/4/2020).

Sulistyadi mengatakan untuk narapidana kasus narkoba penghuni Rutan Makassar, belum ada yang memenuhi syarat untuk diberikan asimilasi.

“Yang menjadi pokok adalah kasus pidana umum bukan narkoba karena untuk narkoba yang terkait PP 99 syaratnya sangat banyak dan rumit. Sampai saat ini di Rutan sendiri belum ada yang memenuhi syarat. Gampangnya yang mendapat asimilasi yang pidana umum dan napi yang tidak terkait PP99,” pungkasnya.

Persyaratan dan tata cara PP99 / 2012 pelaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan mengatur pengetatan remisi bagi terpidana narkotika, terpidana korupsi, dan terpidana teroris.

Salah satu pengetatannya yaitu ketiga terpidana di atas harus menjadi justice collaborator. Adapun misalnya untuk narkotika, PP itu berlaku kepada terpidana yang dipenjara minimal 5 tahun.

Leave a Reply