Ketum Orda IPMAN Malang Inisiasi Wadah Pusat Organisasi Mahasiswa Nunukan

Aswan Ketua Orda Perkumpulan Mahasiswa Nunukan di Malang Raya Provinsi Jawa Timur. (ist)

Ada tren organisasi mahasiswa daerah kurang diminati. Karena itu, ada usul dibentuk organisasi pusat yang mewadahi semua organisasi mahasiswa di Kabupaten Nunukan.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Ketua Umum Orda Perkumpulan Mahasiswa Nunukan Malang Raya Provinsi Jawa Timur Aswan mengaku, miris melihat dinamika organisasi mahasiswa dari daerah kurang diminati. Padahal organisasi mahasiswa daerah merupakan wadah sekelompok mahasiswa yang bersumber dari daerah dan memiliki tujuan sejalur.

Sayangnya, organisasi ini cenderung kurang diminati. “Dianggap tidak seksi untuk masa depan dibandingkan organisasi intra kampus yang terpusat seperti organsiasi HMI, PMII, IMM, LMND, KAMMI, LMND, GMNI, PMKRI, GMKRI dan lain-lain yang tentunya punya arah tujuan secara jelas,” kata Aswan, Selasa (14/4/20).

Menurut Aswan, untuk mengubah persepsi tentang organisasi mahasiswa dari daerah, harus ada wadah baru mahasiswa secara terpusat.

Baca: IKAMI Dorong Pelajar dan Mahasiswa Nunukan Mengabdi Melalui Organisasi

“Masalah bertambah besar karena di beberapa organisasi memiliki arahan kerja yang belum sejalan dengan daerah. Fungsi yang kurang optimal. Anggota kurang militan, bergerak tidak sistematis. Serta Minim pengakuan dari kampus, hingga rawan dipolitisasi untuk pemilihan kepala daerah. Kami tidak ingin sebagai orda mahasiswa Nunukan berjalan sendiri-sendiri, perlu adanya wadah organisasi nunukan secara terpusat, untuk menjalankan misi kedaerahan dan kemahasiswaan,” tutur Aswan.

Padahal lanjut Aswan, organisasi mahasiswa daerah sangat dibutuhkan mengingat fungsinya sebagai wadah pemersatu sesama mahasiswa perantau.

Aswan bilang, selama ini Orda Mahasiswa Nunukan berjalan masing-masing tanpa koordinasi terpusat dan satu arah, kemudian kontribusi yang jelas bagi daerah masih minim. Sejatinya orda sebenarnya menjadi solusi gerakan daerah sekaligus pengganti keluarga yang menjaga dan membantunya selama masa perkuliahan.

Baca: Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid. SE, MM, Perempuan Perkasa di Perbatasan RI Malaysia

“Kita bisa lihat di Kaltim itu ada namanya orda KPMKT, itu terpusat. Dengan satu nama dengan koordinasi yang jelas, kenapa tidak kita bentuk juga organisasi daerah mahasiswa nunukan secara terpusat, saya yakin adanya wadah baru membuat semangat baru guna membangun gerakan pembahuruan secara satu arah,” katanya.

Menurut dia, di era yang dinamis ini peran-serta dari semua elemen masyarakat, takĀ terkecuali mahasiswa, tidak dapat dilupakan begitu saja. Perannya sangat dibutuhkan untuk membangun danĀ memberikan solusi cerdas bagi daerahnya sesuai dengan sumber daya masing-masing. Untuk itu ia akan segera berkoordinasi dengan ketua-ketua organisasi mahasiswa Nunukan Seluruh Indonesia untuk membicarakan wadah baru secara terpusat.

“Saya dalam waktu dekat ini akan berkoordinasi dengan para ketua orda mahasiswa nunukan lainnya, semoga nantinya bisa menemukan jalan demi mewujudkan tujuan yang sama,” pungkasnya. (arung)

Leave a Reply