AHA Center Serahkan 75 Rumah Untuk Penyintas Bencana Kota Palu

Walikota Palu menerima 75 unit rumah dari AHA Center secara simbolis melalui daring Video Conference, Kamis 16 April 2020. (humas)

AHA Center menyerahkan 75 unit rumah untuk penyintas bencana di Kota Palu. Penyerahan rumah kepada Pemkot Palu diterima Walikota Palu Hidayat, Kamis, 16 April 2020.

PALU, NEWSURBAN.ID – Penyerahan 75 unit rumah tersebut awalnya direncanakan digelar meriah. Namun karena pandemi COVID-19 maka penyerahan dilakukan daring melalui Video Conference.

Direktur Eksekutif AHA Center, Adelina mengatakan, bantuan Huntap yang tersebut merupakan amanah yang diberikan oleh Pemerintah Filipina dan masyarakat Brunei Darussalam berdasarkan koordinasi AHA Center dengan Pemerintah kota Palu.

Peletakkan batu pertama Huntap yang berlokasi di kelurahan Tondo ini, katanya dilakukan tanggal 6 Agustus 2019 dan pembangunannya selesai pada bulan Maret 2020 yang diberi nama Kampung ASEAN.

Baca: Melalui Dinsos, Pemkot Palu Segera Serahkan Insentif Padat Karya Februari-Maret

“Terima kasih kepada Pemerintah kota Palu yang telah menyetujui serah terima secara daring ini sesaat setelah pembangunan selesai, walaupun di tengah-tengah kesibukan menangani Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Hidayat dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak AHA Center yang telah memfasilitasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah dan masyarakat Filipina, Brunei Darussalam, dan negara-negara ASEAN lainnya yang telah memberikan bantuannya.

Penyerahan Huntap ini, kata Wali kota merupakan bagian dari upaya-upaya bersama untuk memenuhi kebutuhan para penyintas bencana Gempa, Tsunami, dan Likuifaksi tahun 2018 silam.

Baca: Pemkot Palu Segera Salurkan Stimulan Rumah Rusak Rp789 M

“Ini sangat betul-betul kami hormati dan hargai atas upaya itu. Karena kurang lebih ada sekitar 7.000 kk atau 21.000 jiwa yang akan direlokasi akibat bencana,” ujarnya.

Walikota berharap bantuan Huntap ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan bisa mengobati kesedihan dari keluarga-keluarga kita yang terdampak bencana yang notabene mereka sebagian masih ada di tenda-tenda pengungsian dan sebagian besar di Hunian Sementara (Huntara).

“Rencana Pemerintah kota Palu sesuai instruksi Presiden. Olehnya kita akan memastikan persiapan-persiapan kita terhadap Huntap ini agar kiranya sebelum bulan Puasa, Huntap yang telah terbangun di Tondo sudah bisa ditempati oleh masyarakat-masyarakat yaang terdampak bencana,” jelasnya.

Baca: Wawali Sigit Purnomo Harap COVID-19 Bisa Ditekan dengan Berbagai Kebijakan Pemkot Palu

Di akhir sambutannya, Wali kota kembali menyampaikan rasa terima kasihnya kepada AHA Center dan Negara-negara ASEAN lainnya yang akan menambah 25 unit Huntap lagi untuk kota Palu.

“Kami sangat bahagia dan tidak bisa berkata-kata bahwa ada penambahan 25 unit Huntap lagi untuk kota Palu,” ungkapnya.

Turut ikut serta dalam Serah Terima secara daring melalui Video Conference ini yakni pimpinan OPD terkait di lingkup Pemerintah kota Palu, jajaran AHA Center, serta beberapa perwakilan Negara ASEAN. (humas/yusuf)

Leave a Reply