Gubernur NA Minta Walikota Segera Terbitkan Perwali PSBB di Makassar

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah memberi keterangan pers terkait PSBB di Kota Makassar. (kominfo)

“Saya sudah sampaikan Pak Walikota kemarin supaya ini betul-betul dibuat Perwali. Supaya kita bisa disiplin menjalankan. Jangan sampai ada yang mengisolasi diri yang lain berkeliaran.”
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan setuju atas keputusan Menteri Kesehatan utuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Kota Makassar.

Gubernur Sulsel sebelumnya telah mengkaji untuk penerapan PSBB di Kota Makassar dengan melihat jumlah kasus positif COVID-19 terus meningkat. Setelah bermohon ke pusat, Kemenkes menandatangani SK pemberlakuan PSBB di Kota Makassar.

Baca: Kemenkes Ungkap 8 Provinsi Terpapar Virus Corona, 5 Meninggal

Gubernur pun membenarkan disetujuinya PSBB di Kota Makassar. Ia menekankan sejumlah poin penting yang perlu diperhatikan dalam penerapan PSBB dikota Makassar.

“Sejumlah poin penting harus menjadi perhatian betul-betul dalam menggodok Perwali terkait PSBB Makassar yang menjadi payung hukum, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama ini diberlakukan.

“Saya sudah sampaikan Pak Walikota kemarin supaya ini betul-betul dibuat perwali,” kata Nurdin Abdullah, Kamis (16/4/2020).

Baca: Covid-19 Sulsel: Positif Bertambah 9 Jadi 240, 8 Kasus Baru di Makassar

Nurdin Abdullah menjelaskan PSBB Makassar tidak serta merta diberlakukan setelah mendapat izin Menkes.

“Perlu dilakukan sosialiasi kepada masyarakat selama satu pekan. Termasuk memastikan semua orang dalam pemantauan (ODP) betul-betul sudah menjalani isolasi,” jelasnya.

“Supaya kita bisa disiplin menjalankan. Jangan sampai ada yang mengisolasi yang lain berkeliaran, Tutupnya.

Baca: Kasus Covid-19 di 4 Zona Merah Sulsel Terus Bertambah

Diketahui, melalui Menteri Kesehatan (Menkes) RI pemerintah pusat telah menyetujui Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Makassar tertanggal 16 April 2020.

Persetujuan PSBB Kota Makassar tertuang dalam SK dengan nomor HK.01.07/MENKES/257/2020 tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilyah Kota Makassar Sulawesi Selatan dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease 2019 (Covid-19).

Leave a Reply