Pemkot Palu Berlakukan Jam Malam di Pintu Keluar

Tim gabunga Satpol PP Kota Palu dan Satlantas Polres Palu merazia kendaraan di akses keluar masuk Kota Palu saat pemberlakuan jam operasi pukul 22.00-07.00 Wita. (humas)

Pemkot Palu mulai menerapkan pembatasan kendaraan di akses keluar dan masuk Kota Palu. Jam operasi dibatasi mulai pukul 22.00 hingga 07.00 Wita. Hanya kendaraan pengangkut Bapoktang yang diperbolehkan keluar dan masuk pada jam tersebut.

PALU, NEWSURBAN.ID – Penerapan jam operasi kendaraan di akses keluar masuk Kota Palu dilakukan Pemerintah Kota Palu untuk memutus penyebaran Virus Corona. Pemkot mengecualikan kendaraan yang mengangkut Bahan Kebutuhan Pokok dan Penting (Bapoktang) untuk tetap bisa melintas saat penutupan jalan di pintu masuk Kota Palu diberlakukan.

“Kendaraan-kendaraan yang mengangkut bahan pokok dan kebutuhan penting tadi bisa melintas tetapi mereka di Thermo Gun untuk mengukur suhu tubuhnya,” tegas Walikota sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Kota Palu Hidayat usai Press Conference update data Covid-19 Kota Palu pada Rabu, 15 April 2020 di Baruga Lapangan Vatulemo.

Hidayat mengatakan apabila suhu tubuh mencapai 38 derajat lebih, petugas di Pos Lapangan pintu masuk kota Palu akan mengkonfirmasi ke Posko Induk yang ada di Baruga Lapangan Vatulemo.

Baca: Wawali Sigit Purnomo Harap COVID-19 Bisa Ditekan dengan Berbagai Kebijakan Pemkot Palu

“Nanti posko induk yang mengambil langkah untuk menangani orang-orang yang tinggi suhu tubunya,” ujar Hidayat.

Sementara itu, Satlantas Polres Palu yang bertugas di Pos Lapangan kecamatan Tawaeli, Brigadir Eko Supriyanto menyatakan pihaknya melakukan penutupan jalur dari pukul 22.00 sampai pukul 07.00 sesuai instruksi Wali kota.

“Kecuai kendaraan yang mengangkut bahan pokok seperti sembako, BBM, LPG, ataupun emergency lainnya yang dapat kami persilahkan masuk. Jadi untuk arus lalu lintas sendiri, sekarang masih normal walaupun ada beberapa yang mengantri sampai besok pagi. Namun tetap kami menyampaikan secara humanis,” katanya.

Baca: Sekkot Palu Minta SKPD Kaji Mendalam Dampak Covid-19 Sesuai Tupoksi

Sejalan dengan hal tersebut, IPDA Muh. Abduh sebagai Pembina Fungsi dari Ditlantas Polda Sulteng mengatakan pihaknya melibatkan Polres Palu dibantu Polsek Palu utara di Pos perbatasan Tawaeli.

“Alhamdulillah untuk koordinasi kami baik termasuk dari Pemda kota Palu, Dishub, Pemerintah kecamatan, dan lainnya,” ungkapnya.

IPDA Muh. Abduh mengimbau agar para perwira Polri yang ditugaskan tetap menjaga kesehatan maupun kewaspadaan. Jangan sampai lengah dengan kendaraan-kendaraan prioritas yang akan masuk.

“Prosedur tetapnya kami tetap melakukan pemeriksaan apa yang dibawa kendaraan itu. Kalau hanya kendaraan pribadi, kita suruh menunggu sampai besok pagi hingga jam buka kembali jalan pintu masuk,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah kota Palu telah memberlakukan jam buka tutup jalan darat pintu masuk tersebut sejak Senin, 13 April 2020 lalu. (humas/yusuf)