Positif COVID-19 Kaltara Bertambah 8, Lima Kasus Baru di Kabupaten Nunukan Tiga Malinau

ILUSTRASI

Per hari ini, Kamis 16 April ada penambahan 8 kasus positif Covid-19 di provinsi perbatasan Indonesia Malaysia, Kalimantan Utara. Sehingga total kasus positif menjadi 28.

TANJUNG SELOR, NEWSURBAN.ID – Provinsi perbatasan RI Malaysia Kalimantan Utara ditemukan ada kasus baru. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Agust Suwandy menyebutkan, ada penambahan delapan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga jumlah totalnya menjadi 28 kasus.

Dia menjelaskan, hasil yang dikirimkan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya yang diterima pihaknya menyatakan ada delapan hasil pemeriksaan “swab” yang hasilnya semuanya dinyatakan positif. Delapan orang tersebut berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan sebanyak lima orang dan RSUD Malinau tiga orang.

Pasien positif COVID-19 baru yang dari Nunukan masing-masing berusia 42 tahun, 66 tahun, 34 tahun, 56 tahun dan 45 tahun. Kelima pasien ini adalah klaster Jamaah Tabligh.

Baca: TNI-Polri di Nunukan Bersatu Jaga Kantibmas dan Edukasi Pencegahan COVID-19

Tiga pasien lainnya sebelumnya berstatus PDP setelah diswab ternyata sudah positif. Mereka ada di Malinau dengan usia 50 tahun, 46 tahun dan 68 tahun.

Menurut Dinkes Malinau, katanya, mereka berasal dari klaster seminar keagamaan tanggal 17-18 Maret 2020.

Dinkes Malinau segera melakukan tracing (penelusuran), terutama terhadap mereka yang pernah melakukan kontak terhadap tiga orang yang positif itu. “Kami melaporkan saat ini masih ada 66 spesimen sedang proses diperiksa BBLK Surabaya yang belum diterima hasilnya, terutama dari klaster jamaah tabligh,” katanya.

Baca: Kunjungan ke RSUD dan Rusunawa, Begini Kesimpulan DPRD Nunukan

Di Kaltara saat ini, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 175 orang tersebar di Tarakan 86 orang, Malinau sebanyak 113 orang, Nunukan sebanyak 82 orang, Kabupaten Tana Tidung sebanyak 65 orang dan Bulungan 36 orang.

Kemudian Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 168 orang dengan rincian di Tarakan sebanyak 105 orang, Nunukan sebanyak 20 orang dan Bulungan sebanyak 43 orang.

Baca: Pemkab Nunukan Siapkan Rp70 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

Sedangkan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 24 orang, di Tarakan sebanyak tiga orang, Malinau sebanyak tujuh orang, Nunukan ada lima orang, Kabupaten Tana Tidung sebanyak dua oang, dan Bulungan ada tujuh orang.

Selanjutnya jumlah pasien yang positif COVID-19 ada sebanyak 28 orang, untuk di Tarakan sebanyak 11 orang, Nunukan sembilan orang, Bulungan sebanyak lima orang dan Malinau sebanyak tiga orang, demikian Agust Suwandy. (*)

Leave a Reply