Warga RT 07 Nunukan Selatan Resah Rusunawa Dijadikan Karantina Pasien COVID-19

Rumah Susun Sewa di Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan dijadikan tempt karantina pasien COVID-19. (arung)

Sebanyak 65 kepala keluarga yang bermukim sekitar rumah susun sewa resah. Pasalnya, Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang tak jauh dari tempat tinggal mereka dijadikan mengkarantina pasien COVID-19.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Penunjukan Rusunawa sebagai tempat karantina pasien COVID-19 sempat mendapat perlawanan sekitar 65 Kepala Keluarga (KK) dari RT 07 Nunukan Selatan. Namun perlawanan warga warga sekitar tempat karantina mereka setelah mendapat penjelasan.

Ketua RT 07 Nunukan Selatan Adharsyah mengatakan, keresahan warga karena khawatir rantai penularan COVID-19 karena akses keluar masuk Rusunawa bebas tanpa pagar penghalang.

“Warga sempat ingin melakukan aksi, tapi saya meredam dan segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Nunukan, tetapi waktu kemarin masih belum mendapat solusi yang pasti,” ujar Ade sapaan akrab Ketua RT 07, Kamis (16/4/20).

Baca: Positif COVID-19 Kaltara Bertambah 8, Lima Kasus Baru di Kabupaten Nunukan Tiga Malinau

Ade mengatakan, semestinya Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Nunukan sejak awal sudah memberikan pemahaman kepada warga. “Paling tidak dari awal sudah ada sosialisasi, karena rusunawa itu aksesnya bebas keluar masuk, sehingga menimbulkan keresahan, karena ini demi keselamatan bersama,” bebernya.

Sementara itu saat dikonfirmasi ke Tim Gugus Tugas COVID-19 melalui Jubir Pemkab Nunukan Hasan Basri menyampaikan, Bupati sudah menerima masukan terkait persoalan tersebut.

Sehingga ada solusi yang disepakati bersama dengan warga yang berada dilingkungan rusunawa, di mana dapat menghasilkan beberapa point penting.

Baca: Gubernur Kaltara Sebut Tarakan dan Nunukan, Prioritas Utama Penanganan Covid-19

Pertama, Satgas Covid-19 Nunukan akan mengalihkan jalur masuk rusunawa, petugas tidak akan membawa orang yang akan dikarantina melalui jalur yang biasa dilewati masyarakat, tapi masuk melalui jalanan di sekitar kantor Gabungan Dinas (Gadis) 1 yang berlawanan arah dengan jalur sebelumnya.

Kedua, Satgas Covid-19 secepatnya melakukan penyemprotan lingkungan khususnya jalur yang diperdebatkan oleh masyarakat.

Baca: Pemkab Nunukan Siapkan Rp70 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

Ketiga, Sosialisasi ke masyarakat segera dilakukan, petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan akan turun memberikan sosialisasi edukatif tentang apa itu Covid-19, bagaimana pola penyebarannya dan pencegahannya.

Keempat, masyarakat sekitar akan dibagikan masker gratis.

Hari ini juga Tim Gugus tugas sudah mulai melaksanakan hasil kesepakatan dengan warga. “Tadi kami sudah mulai menyemprotkan disenfektan di lingkungan warga RT 07 Nunukan Selatan, semoga kedepannya kita bisa menjaga kerjasama yang baik untuk pencegahan Covid-19 dinunukan,” katanya. (arung)

Leave a Reply