Bertambah, 92 Kru KM Lambelu Terpapar Positif Corona

KM Lambelu sandar di Pelabuhan Makassar selasa sore, 14 April 2020.

Penambahan itu dilakukan pmeriksaan uji Swab secara maraton mulai tanggal 12 sampai 14 April 2020 di Pelabuhan Makassar.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Hasil pemeriksaan Tim Gugus Covid-19 Sulsel melalui uji Swab 92 orang kru Kapal Motor Lambelu dinyatakan terpapar positif corona.

Pemeriksaan itu dilakukan secara maraton mulai tanggal 12 sampai 14 April 2020 di Pelabuhan Makassar.

Dari jumlah itu bertambah, pemeriksaan pada Jumat malam (17/4/2020) terkonfirmasi 66 orang positif, sebelumnya sudah ada 26 yang dinyatakan positif.

Baca juga: KM Lambelu dengan 26 ABK Positif Covid-19 Dikarantina di Pelabuhan Makassar

“Dari 109 orang (menjalani tes swab) kemarin, 66 orang di KM Lambelu positif corona,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Ichsan Mustari, Sabtu (18/04/2020).

Dia mengatakan, data dari Gugus Tugas Penanganan Virus Corona, ada 69 kasus corona di Sulsel per Jumat kemarin. Jumlah itu melonjak signifikan karena ada penambahan kasus baru dari KM Lambelu.

“Padahal tidak semuanya adalah warga Sulsel,” ujar dia.

Saat ini nahkoda dan ABK lainnya juga ikut menjalani proses isolasi mandiri di dalam kapal dan mendapat pengawasan kesehatan. Kapal tersebut juga masih dikarantina sejauh 2 mil dari Pelabuhan Makassar.

Baca juga: Komisi D Kecam Kebijakan Pemkot Izinkan Kapal Pesiar Sandar di Tengah Wabah Corona

“Untuk kru yang tidak terinfeksi Covid-19 jumlahnya 60 orang baik-baik saja. Sampai saat ini belum ada pasien yang mau dirujuk ke rumah sakit,” ujar Ichsan.

Sebelumnya, Kabid Lalulintas, Angkutan Laut, Operasi dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Sirajuddin mengungkapkan beberapa hal yang menjadi pertimbangan KM Lambelu diizinkan sandar.

Baca juga: Ditolak Warga, KM Lambelu Batal Sandar di Pelabuhan Baubau Langsung ke Makassar Untuk Dikarantina

“KM Lambelu akan disandarkan pada dermaga Hatta ujung selatan untuk memudahkan pengawasan dan pemantauan terhadap aktivitas ABK dan Mitra Pelni di atas kapal. Untuk pengisian BBM, Air Tawar, Logistik dan keperluan lain,” ujar Sirajuddin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/4/20).

Selain itu, Sirajuddin mengungkapkan, diizinkannya KM Lambelu sandar untuk memudahkan tim petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar dan Dinas Kesehatan dalam pengambilan spesimen (swab) terhadap ABK yang belum diambil. Meski berada kapal diizinkan sandar, para ABK akan tetap di kapal dan diawasi ketat.

“Segera setelah KM Lambelu bersandar akan dibuat posko pengamanan yang terdiri dari: Personil Kantor OP Utama Makassar, Personil Kantor Kesyahbandaran Makassar, Personil Polres Pelabuhan Makassar, Personel POMDAM XIV Hasanuddin, Personel TNI AL Lantamal VI Makassar, Personel Koramil Wajo, Security PT.Pelni Makassar dan Security PT.Pelindo Makassar,” katanya. (*)

One thought on “Bertambah, 92 Kru KM Lambelu Terpapar Positif Corona

  1. Pingback: PT Pelni Bawa 23 OTG Covid-19 Dirujuk di RS Makassar | Newsurban

Leave a Reply