Rapid Test  Covid-19, 7 Warga Palu Terkonfirmasi Reaktif

Ketua Tim Surveillance dr Rochmat membeberkan langkah pencegahan dan penanganan kasus virus corona di Posko Induk Satgas Pengendalian Covid-19 Baruga Lapangan Vatulemo, Jumat sore 17 April. (humas)

Tim Surveillance Covid-19 Kota Palu melakukan rapid test 183 orang Hasilnya 7 orang terkonfirmasi reaktif dan ditindaklanjuti dengan tes swab.

PALU, NEWSURBAN.ID – Ketua Tim Surveillance dr Rochmat Jasin mengatakan rapid test yang dilakukan terhadap 183 orang ditemukan 7 warga terkonfirmasi reaktif atau positif. Sebanyak 176 lainnya non-reaktif.

Sementara hasil swab test terhadap 7 warga Palu yang rapid testnya terkonfirmasi positif (reaktif), belum diketahui. Jika hasil swab juga positif, maka pasien positif Covid-19 di Kota Palu akan bertambah.

Dia menyebutkan, di luar 7 yang terkonfirmasi reaktif melalui rapid test, hingga Jumat sore 17 April, pihaknya juga telah mendata hingga kini jumlah pasien positif di Kota Palu sebanyak delapan orang. Empat diantaranya masih dirawat, dua sembuh, dua meninggal dunia.

Baca: Walikota Hidayat Minta Orang Berstatus Punya Riwayat Perjalanan Taati Imbauan Pemerintah

“Untuk menekan jumlah Covid-19, Pemkot telah mendirikan Pos Pemeriksaan di pintu masuk kota Palu. Di pos tersebut juga dilakukan Rapid Test bagi pendatang dari daerah-daerah terpapar Corona yang menunjukkan gejala. Sampai kemarin, di 3 pos darat telah dilakukan rapid test sebanyak 25 orang dan semua hasilnya negatif,” jelasnya.

Menurut Rochmat pihaknya telah mendata, Pelaku Perjalanan sebanyak 1.156 kasus, OTG 53 kasus, ODP 192 kasus, PDP 16 kasus.

Baca: Pemkot Palu Berlakukan Jam Malam di Pintu Keluar

Sementara data Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19, Jumat sore 17 April 2020 merilis kasus positif Corona di Sulawesi Tengah terkonfirmasi 24, sembuh 2, meninggal 3.

Rochmat juga mengatakan dari kebijakan Walikota Palu, akan merawat semua orang yang berstatus OTG maupun ODP di gedung-gedung yang telah ditetapkan sebagai bentuk upaya memutus Covid-19.

Baca: Covid-19 Sulsel: Positif 332, Sembuh 43, Meninggal 23 Hingga 17 April

“Gedung-gedung tersebut sementara dipersiapkan. Pemerintah Kota Palu memilih merawat OTG dan ODP supaya bisa menekan penyebaran virus Covid-19. Mudah-mudahan dengan langkah-langkah yang diambil Pemkot, bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemkot Palu Goenawan mengimbau, seluruh masyarakat yang diperiksa di pos-pos pemeriksaan pintu masuk Kota Palu, dimohon kejujurannya kepada tim medis untuk menyampaikan riwayat perjalanan maupun lainnya.

“Karena dengan kejujuran tersebut akan menghindari penyebarluasan Covid-19. Apabila tidak jujur, pastinya akan berdampak buruk bagi tim medis maupun masyarakat Kota Palu secara umum,” jelasnya. (humas/yusuf)

One thought on “Rapid Test  Covid-19, 7 Warga Palu Terkonfirmasi Reaktif

  1. Pingback: Diperiksa Ketat, Lalulintas Kendaraan Pintu Masuk Kota Palu Tetap Ramai | Newsurban

Leave a Reply