Bertambah 15 Kasus Baru Positif Corona, PSBB Nunukan Mendesak?

Jubir Covid-19 Nunukan Aris Suyono. (ist)

Minggu 19 April 2020, terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Nunukan sebanyak 15 orang menjadi 24.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Nunukan sangat mengkhawatirkan. Dalam 24 jam terakhir terjadi penambahan 15 kasus baru menjadi 24.

Jubir Covid-19 Nunukan Aris Suyono dalam siaran persnya menyebutkan, Minggu (19/4/20) hingga pukul siang 14:00 Wita,  ada 15 kasus baru.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kemenkes di Surabaya melalui Jubir Covid-19 Nunukan Aris Suyono dalam Press Releasenya, 15 orang  terkonfirmasi pasien positif Covid-19,” ungkap Aris Suyono, Minggu (19/4/20).

Baca: PSBB Belum Diusulkan Warga Nunukan Sudah Cemas

Sedangkan ODP 11 orang, PDP  0 Orang, OTG 17 Orang. ODP Selesai Pemantauan193 Orang, PDP Sembuh dan Negatif  1 Orang, PDP Meninggal Dunia dan Negatif 1 Orang, OTG Selesai Pemantauan  32 Orang.

Menurut Aris 15 kasus baru positif Covid-19 di Nunukan semuanya berjenis kelamin laki-laki. Siisanya Yaitu 15 KH (42), HMM (45), TBS (48), MAD (26), SAM (35), SPY (57), MRR (49), SMP (38), HMD (32), AYM (41), MAZ (24), MIR (usia tidak diketahu), dan FDS berusia 45 tahun.

“Dan dua orang kontak erat tertular kemungkinan dari salah satu klaster, dan merupakan siswa SMP di salah satu sekolah pesantren di Nunukan. Pertama bernama RFS jenis kelamin laki-laki usia 14 tahun, dan MSY juga laki-laki usia 14 tahun,” sebut Aris

Baca: Gubernur Kaltara Sebut Tarakan dan Nunukan, Prioritas Utama Penanganan Covid-19

Dengan demikian, di Nunukan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sampai hari ini berjumlah 24 orang. “Dengan adanya penambahan cukup banyak kasus positif ini, kami mengharapkan semua pihak agar berpartisipasi dalam rangka pencegahan Covid-19 didaerah masing-masing, jangan dulu keluar rumah,” harapnya.

Terkait pasien baru positif Covid-19,  Tim TGC sedang melakukan tracking bagi siapa saja yang sebelumnya sudah kontak langsung dengan pasien-pasien tersebut, tim TGC dibantu pihak puskesmas sudah mulai bergerak.

Baca: Pemkab Nunukan Siapkan Rp70 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

“Kami sedang melakukan tracking  bagi orang sudah pernah kontak dengan pasien-pasien tersebut”bebernya

Penularan Virus Covid-19 di nunukan bahkan sudah masuk pada generasi ke 3, kami akan menyampaikan kronologis secara keseluruhan ke provinsi Kaltara.

“Untuk penularan sudah masuk ke Generasi 3 hitungan umur dan tugas kami akan menyampaikannya ke provinsi mengenai kronologis yang terjadi,” katanya.

Dia menambahkan, apakah pasien baru ini terjangkit karena transmisi lokal di  Nunukan, pihaknya masih menunggu 1, 2 hari ke depan dan itu dari Kementerian Kesehatan.

“Kita tunggu 1 atau 2 hari ke depan apakah nanti Nunukan masuk kategori transmisi Lokal atau tidak,” terangnya.

Terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Nunukan, hingga kini belum diajukan. Namun jika kasus baru itu terbukti karena tranamisi lokal, maka PSBB Nunukan adalah hal mendesak. (arung)

One thought on “Bertambah 15 Kasus Baru Positif Corona, PSBB Nunukan Mendesak?

  1. Pingback: Ratusan TKI dari Malayasia Tertunda Transit ke Nunukan | Newsurban

Leave a Reply