Diperiksa Ketat, Lalulintas Kendaraan Pintu Masuk Kota Palu Tetap Ramai

Tim gabungan melakukan pemeriksaan ketat di pintu keluar masuk Kota Palu. Tampak kendaraan masih ramai. (ist)

Meski Pemkot Palu memperketat pemeriksaan kendaraan di perbatasan di pintu keluar dan masuk Kota Palu, namun arus lalu lintas tetap ramai.

PALU, NEWSURBAN.ID – Situasi kendaraan yang melintas di pintu masuk jalan darat kelurahan Watusampu, Kecamatan Ulujadi Kota Palu, cukup padat pada Senin malam 20 April 2020.

Berdasarkan laporan Kabid Pengembangan dan Keselamatan Dinas Perhubungan Kota Palu Suryadi Sabri, ada sebanyak 1.806  unit total kendaraan yang melintas mulai pukul 07.00 Wita sampai pukul 12.00 Wita.

Baca: Rapid Test  Covid-19, 7 Warga Palu Terkonfirmasi Reaktif

Dari jumlah tersebut terdiri dari kendaraan roda dua 962 unit, roda empat 380 unit, angkutan umum 2 unit, angkutan barang 450 unit, dan roda dua pengangkut barang 12 unit.

Adapun dari jumlah kendaraan yang melintas ini, tercatat penumpang sebanyak 2.888 orang yang terdiri dari kendaraan roda dua 1.434 orang, roda empat 533 orang, angkutan umum 9 orang, angkutan barang 900 orang, dan roda dua pengangkut barang 12 orang.

Baca: Dicurigai, Dua Warga Palu Jalani Perawatan di Ruang Isolasi Virus Corona RSUD Undata

“Alhamdulillah sejauh ini kendala tidak ada. Namun situasi dan kondisi kendaraan disini memang cukup padat, karena ini merupakan jalur lintasan yang boleh dikatakan satu-satunya yang menghubungkan antara kabupaten Donggala dan Kota Palu,” ungkap Suryadi.

Ia juga mengatakan bahwa personel yang bertugas di Pos Lapangan Pemeriksaan Kelurahan Watusampu tersebut berjumlah 66 orang yang terdiri dari bebepara OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu.

Baca: Walikota Palu Imbau Warga ODP Sukarela Periksakan Diri ke Rumah Sakit

Ia menyatakan data kendaraan yang melintas tersebut akan terus dilaporkan ke Posko Induk Satgas Pemantauan dan Pengendalian Covid-19 kota Palu, tiga kali dalam sehari yakni pukul 12.00 Wita, pukul 18.00 Wita, dan pukul 22.00 Wita.

Kegiatan pemantauan arus pelintas batas yang keluar masuk kota Palu ini sesuai instruksi Walikota Palu Hidayat, dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Palu dengan memeriksa kesehatan para pelintas serta memeriksa Barang Kebutuhan Pokok dan Penting (BAPOKTING).

Kegiatan serupa juga dilakukan di lima pintu masuk kota Palu lainnya seperti Bandara Mutiara Sis Al-jufri, pelabuhan Pantoloan, pelabuhan penyebrangan Taipa, perbatasan kelurahan Pantoloan, dan perbatasan kelurahan Lambara, kecamatan Tawaeli. (humas/yusuf)

Leave a Reply