Bukan PSBB, Bupati Nunukan Keluarkan Surat Edaran “Terapkan” Jam Malam

Kabag Humas Protokol Pemkab Nunukan Hasan Basri. (ist)

Kabupaten Nunukan merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak kasus positif COVID-19 di Kalimantan Utara. Untuk memutus penyebaran, Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengeluarkan Surat Edaran pemberlakuan jam malam.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kabupaten Nunukan sampai saat ini belum mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Pemerintah Pusat. Namun untuk mencegah penyebaran Virus Corona, Bupati Laura mengeluarkan surat edaran penerapan jam malam.

Surat Edaran SE No:100/037/Pem Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penyebaran Infeksi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Lingkungan Sekitar Masyarakat Nunukan yang diteken, berisi imbuan pemberlakuan jam malam.

Baca: Bertambah 15 Kasus Baru Positif Corona, PSBB Nunukan Mendesak?

Juru Bicara Bupati Nunukan Hasan Basri, mengatakan SE yang dikeluarkan Rabu 22 April 2020 tersebut tidak melanggar PSBB. Penerapan jam malam tersebut sebagai langkah Pemkab Nunukan mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita memberlakukan jam malam yang sifatnya imbauan, menyarankan agar masyarakat beraktivitas sesuai jamnya,” ujarnya.

Baca: Bupati Laura Siap Dikritik dan Ajak Tokoh Agama Aktif Jaga Stabilitas Nunukan

Dia pun menegaskan, imbauan jam malam melalui SE Bupati Nunukan tidak bertentangan dengan aturan PSBB. “PSBB itu mengatur dengan ketat dengan detail dan secara keseluruhan, jadi mengenau Himbuan yang kita buatkan sifatnya menyarankan sebagai langkah memutus mata rantai COVID-19,” katanya.

Baca: Ketum IKA UNHAS Nunukan Laura Motori Pengumpulan Donasi Untuk Warga Terdampak COVID-19

Menurut Hasan Basri, Pemkab Nunukan punya tekad besar untuk melakukan pencegahan dan persebaran COVID-19 di Nunukan.

Surat Edaran tersebut mendapat kritikan netizen melalui akun media sosial. Netizen mengkritik poin nomor 2, “Seluruh Warga Masyarakat Kabupaten Nunukan Diimbau Untuk Tidak Melakukan Aktivitas, Khususnya Pada Malam Hari di Jalan Protokol dan Kegiatan di Luar Rumah di Atas Pukul 21.00-05.00 Wita Kecuali Untuk Keperluan yang Sifatnya Mendesak dan Penting”. (arung)

2 thoughts on “Bukan PSBB, Bupati Nunukan Keluarkan Surat Edaran “Terapkan” Jam Malam

  1. Pingback: Bupati Laura Serahkan Bantuan Paket Sembako ke Relawan PMI Nunukan | Newsurban

  2. Pingback: Lantik Pengurus BAZNAS Nunukan Periode Tahun 2020-2025, Ini Pesan Bupati Laura. | Newsurban

Leave a Reply