Kasus OTG di Luwu Utara Dinyatakan Positif Covid-19

Ilustrasi COVID-19

Saat ini warga Luwu Utara  status OTG dinyatakan positif covid-19, tengah menjalani karantina selama 14 hari di Makassar.

LUWU UTARA, NEWSURBAN.ID – Orang Tanpa Gejala (OTG) di Luwu Utara dinyatakan positif terinfeksi Coronavirus (Covid-19).

Pasien Positif corona asal Luwu Utara ini, dari hasil terkonfirmasi setelah pemeriksaan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Kota Makassar, melalui uji PCR (Polymerase Chain Reaction).

“Hasil yang tidak menyenangkan dari cluster Timboro, warga Luwu Utara yang terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan uji PCR BBLK Makassar, sehingga Luwu Utara sudah ada satu kasus positif import case,” kata Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu Utara, Komang Krisna, Jumat (24/4/2020).

Baca juga: PT Pelni Bawa 23 OTG Covid-19 Dirujuk di RS Makassar

Komang Krisna mengatakan saat ini warga status OTG dinyatakan positif covid-19 tersebut tengah menjalani karantina selama 14 hari di Makassar.

“Kepastian informasi ini kami dapatkan dari Tim Gerak Cepat Surveilans Provinsi Sulsel melalui telpon pagi tadi,” ucapnya.

Komang Krisna menyarakan dengan adanya warga Luwu Utara yang pertama terpapar positif covid-19 ini, maka pihaknya akan melakukan langkah guna mencegah penularan dari OTG tersebut, yaitu melakukan penelusuran kontak (kontak tracking) dengan siapa OTG ini melakukan kontak selama dalam perjalanan.

“Kami akan melakukan pelacakan dan akan kami telusuri riwayat perjalanannya untuk identifikasinya, langkah lainnya adalah memberikan edukasi terhadap keluarganya, serta memantau seluruh santri yang ada di luar Kabupaten Luwu Utara yang melakukan perjalanan pulang,” ujar Komang Krisna.

Komang Krisna berharap kepada warga untuk tidak menganggap remeh covid-19 ini, karena tidak diketahui siapa di sekitar kita ini yang steril dari covid-19 atau tidak, belum lagi mobilitas penduduk dari daerah terinfeksi juga cukup tinggi, sehingga yang perlu diwaspadai orang tanpa gejala.

“Tetap sehat, jangan menulari orang lain, dan jangan tertular, dengan cara selalu pakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun, dan tetap tinggal di rumah. Jadikan rumahku adalah surga,” harapnya. (*)

Leave a Reply