Jokowi-Trump Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Penanganan COVID-19

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas evaluasi penerapan PSBB di Jakarta, Senin 20 April. (setpres)

Presiden RI Joko Widodo bertukar pikiran dengan Presiden AS Donald Trump, mengenai upaya untuk mengatasi kekurangan alat kesehatan dan alat perlindungan bagi tenaga medis, seperti ventilator, APD dan masker, sebagaimana dialami oleh semua negara.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Presiden Joko Widodo melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump Jumat, 24 April 2020 pukul 20.00 WIB dari Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam pembicaraan tersebut, kedua kepala negara bertukar pikiran mengenai penanganan Covid-19.

Baca: TERBARU, COVID-19 Zona Merah Sulsel; Mampukah PSBB Memotong Laju Corona?

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kerja sama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat dalam upaya penanganan Covid-19.

Kedua Presiden juga bertukar pikiran mengenai upaya untuk mengatasi kekurangan alat kesehatan dan alat perlindungan bagi tenaga medis, seperti ventilator, APD dan masker, sebagaimana dialami oleh semua negara.

Baca: FAKTA: COVID-19 di Depan Menyebar Maju, Mampukah PSBB Makassar-Gowa Menyalip?

Mengenai ventilator, Presiden Trump menjelaskan mengenai upaya pembuatan ventilator dinegaranya dan menyampaikan akan mengirim ke Indonesia apabila sudah siap. Kerjasama ini akan ditindaklanjuti oleh tim masing-masing negara.

Dalam pembicaraan itu, kedua pemimpin negara juga turut saling menyampaikan duka citanya kepada masing-masing warga negaranya yang menjadi korban meninggal akibat Covid-19.

Baca: Organisasi Mahasiswa Sentil Bantuan Berisi Kalender dan Capaian Kenerja Bergambar Gubernur

Selain itu, Presiden Jokowi dan Presiden Trump juga sepakat untuk memperkuat kemitraan di bidang perdagangan dan ekonomi setelah masa pemulihan ekonomi pasca COVID-19.

“Indonesia adalah negara penting bagi Amerika Serikat. Kita harus tingkatkan terus kerja sama kedua negara,” ucap Presiden Trump.

Sebelum pembicaraan melalui telepon, Presiden Trump telah menulis surat ucapan duka cita atas meninggalnya Ibunda Presiden. (*)

2 thoughts on “Jokowi-Trump Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Penanganan COVID-19

  1. Pingback: Trump Kesal dengan Twitter dan Ancam Tutup Media Sosial | Newsurban

  2. Pingback: Trump “Marah” Sikapi Kerusuhan dan Penjarahan di Minneapolis | Newsurban

Leave a Reply