BNPB Tetapkan Nunukan, Bulungan, Tarakan Zona Merah COVID-19

Jubir Covid-19 Nunukan Aris Suyono. (ist)

BNPB menetapkan Kabupaten Nunukan, Bulungan, dan Kota Tarakan zona merah COVID-19 di Kalimantan Utara.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Penetapan status zona merah didasarkan pada peningkatan jumlah warga tertular Covid-19 Kabupaten Nunukan, Bulungan, dan Kota Tarakan menjadi dasar BNPB menetapkan empat daerah itu sebagai zona merah Corona di Kalimantan Utara.

Namun Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan Penanganan COVID-19 Nunukan Aris Suyono mengaku belum mengetahui apa indikator Kabupaten Nunukan ditetapkan zona merah.

“Status zona merah Kabupaten Nunukan ditetapkan pusat, kita belum ketahui indikator yang digunakan,” ujar Aris, Selasa 28 April 2020.

Peningkatan status menjadi zona merah diikuti dengan peningkatan gerakan sosialisasi pencegahan oleh Gugus Tugas Nunukan dan Pemkab kepada masyarakat.

Baca: Warning! Pasien Positif COVID-19 Nunukan Bertambah Menjadi 35 orang

“Nunukan telah ditetapkan Zona Merah, maka dari itu Kami mengharapkan dengan kesungguhan hati, semua masyarakat  Nunukan mematuhi Protokol Kesehatan pemerintah dalam pencegahan COVID-19, tidak keluar rumah kecuali dalam kondisi mendesak,” katanya.

Ditetapka zona merah, Aris mengingatkan agar masyarakat melaksanakan social distancing atau menjaga jarak satu sama yang lain, satu hingga dua meter, dan agar tetap menjaga kesehatan dengan mengikuti semua protokol Kesehatan yang telah dianjurkan.

“Kita juga meminta kepada semua masyarakat nunukan untuk menghindari kerumunan massa, dan tidak menyelenggarakan kegiatan yang memicu orang berkumpul, jaga kesehatan ikuti protokol kesehatan,” jelas Aris.

Ia juga meminta kepada warga  yang memiliki riwayat gangguan kesehatan pada ISPA, batuk, flu, sakit tenggorokan, dan sesak harus segera melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas atau menghubungi tim medis (arung)

2 thoughts on “BNPB Tetapkan Nunukan, Bulungan, Tarakan Zona Merah COVID-19

  1. Pingback: Aliansi Mahasiswa Gelar Diskusi dengan Pemda Nununkan Melalui Via Vicon | Newsurban

  2. Pingback: Aliansi Mahasiswa Gelar Diskusi dengan Pemda Nunukan Melalui Via Vicon | Newsurban

Leave a Reply