Jalankan PSBB, Polres Koordinasi BPBD Gowa

Polres Gowa bersama BPBD Gowa terus melakukan koordinasi untuk penerapan PSBB. (ist)

Polres bersama BPBD Kabupaten Gowa terus melakukan koordinasi untuk menjalankan embatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Gowa telah disetujui oleh Kementerian Kesehatan.

GOWA, NEWSURBAN.ID – Penerapan PSBB diperlukan dukungan dari seluruh pihak dan stakeholder terkait. Termasuk dukungan dari seluruh masyarakat untuk disiplin dan taat terhadap aturan PSBB dalam memutus mata rantai penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Penerapan PSBB, Kabag Ops Polres Gowa Kompol Tamba Hamid, lakukan koordinasi dengan Kepala BPBD Kabupaten Gowa terkait penerapan PSBB pada Selasa sore 28 April 2020.

Baca: PSBB Gowa, Polri Bersama TNI Giatkan Sosialisasi Hingga ke Pos Perbatasan

Rapat koordinasi dilakukan di ruang kerja Kepala BPBD ini membahas sejumlah hal diantaranya terkait data dan langkah upaya dalam percepatan penanganan pencegahan penularan Covid-19.

“Hal itu sebagai wujud supporting terutama pada BPBD Kabupaten Gowa yg telah menerapkan PSBB di wilayahnya,” ujar Kabag Ops.

Menurutnya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 tentang Penanggulangan Bencana, BPBD adalah perangkat daerah yang secara fungsional melakukan penyelenggaraan penanggulangan bencana baik itu bencana alam, non alam maupun sosial.

Baca: PSBB, Srikandi Polres Gowa Giliran Bekerja di Dapur Umum

“Tugas dan fungsi dari BPBD dalam penanganan bencana non alam pandemi covid-19 ini memang sangat strategis karena selain melakukan fungsi komando juga melakukan fungsi koordinasi ke instansi lintas sektoral dan stakeholder terkait serta sekaligus sebagai pelaksana penyelenggaraan penanggulangan bencana non alam ini,” jelas Tamba Hamid.

Selanjutnya, bagi Aparat Sipil Negara system kerja dilakukan dengan Work From Home (WFH), tidak melakukan perjalanan ke luar daerah maupun ke luar negeri dan bagi yang terlanjur melakukan perjalanan diharapkan segera melakukan isolasi mandiri selama 14 (empat belas) hari, melaksanakan ibadah bersama keluarga di rumah. Termasuk tidak melakukan mudik pada saat lebaran dan khusus bagi masyarakat Kota Makassar dan Kabupaten Gowa agar mematuhi segala aturan PSBB yang sementara diterapkan.

Baca: Bukan Basa Basi, Gubernur Nurdin Abdullah Minta Aparat Tindak Tegas Pelanggar PSBB

“Apabila masyarakat disiplin dan taat terhadap segala aturan tersebut maka niscaya upaya maksimal dalam memutus mata rantai penularan virus corona ini dapat segera kita wujudkan sehingga kehidupan masyarakat di Sulawesi Selatan dapat kembali berjalan normal sesuai dengan yg kita harapkan bersama,” katanya.

Kehadiran Kabag Ops Polres Gowa ini juga merupakan bentuk mempererat tali silaturahmi antar stakeholder terkait. (ad)