Tim Gabungan Kembali Semprot Sejumlah Titik Rawan COVID-19

Tim gabungan PMI, Damkar, BPBD Kota Palu melakukan penyemprotan disinfektan sejumlah titik rawan penyebaran COVID-19, Rabu (29/4/20). (humas)

Tim gabungan Palang Merah Indonesia, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palu kembali melakukan penyemprotan disinfektan di titik rawan penyebaran COVID-19.

PALU, NEWSURBAN.ID – Tim Disinfektan Pemerintah kota Palu yang terdiri dari PMI, Damkar, dan BPBD Kota Palu kembali melakukan penyemprotan di seputaran jalan Punawirawan kelurahan Tatura Utara pada Rabu, 29 April 2020.

“Berdasarkan mapping tim disinfektan kami mengambil titik-titik semprot yang berada di kelurahan Tatura Utara. Yang mana ada beberapa rumah OTG yang masuk dalam dua kluster yang ada sekarang,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD kota Palu Bambang Syabarsah.

Baca: Tim Damkar Bersama Relawan PMI Kota Palu Semprot Sejumlah Lokasi

Menurut Bambang, penyemprotan tersebut berdasarkan arahan langsung dari Walikota Hidayat yang dilakukan sebagai upaya memperlambat laju penyebaran virus Covid-19 di Kota Palu.

Namun demikian, katanya social distencing maupun physical distencing adalah kunci keberhasilan dalam menghambat penyebaran virus Covid-19. “Olehnya, sangat diharapkan kedisiplinan dari masyarakat untuk selalu menggunakan masker bahkan menjaga jarak,” lanjutnya.

Baca: Diperiksa Ketat, Lalulintas Kendaraan Pintu Masuk Kota Palu Tetap Ramai

Ia mengatakan beberapa kali pihaknya turun di tengah-tengah masyarakat, namun masih banyak masyarakat yang tidak peduli dengan social distancing, padahal itu adalah satu-satunya cara yang paling sederhana dan paling mudah untuk dilakukan.

“Artinya dari beberapa kasus, ini virus yang tidak dapat kita prediksi secara 100 persen terkait dimana penyebarannya. Oleh karena itu, apa yang kami lakukan ini hanyalah salah satu upaya menghambat penyebaran Covid-19 demi keselamatan masyarakat itu sendiri. Tidak akan mungkin upaya-upaya kita ini dapat berhasil tanpa ada kesadaran yang tinggi dari masyarakat,” jelasnya.

Baca: Walikota Hidayat Sidak Pos Penanganan COVID-19

Sementara itu, Ketua RT 002/RW 007 kelurahan Tatura Utara, Bpk. Arbin menyampaikan terima kasih kepada tim disinfektan Pemerintah kota Palu yang telah melakukan penyemprotan di wilayahnya.

“Saya juga akan mengimbau kepada seluruh warga saya, untuk tetap tenang karena sudah dilakukan penyemprotan disinfektan di wilayah ini,” katanya. (humas/yusuf)

Leave a Reply