121 Desa di Gowa Mulai Disalurkan Dana BLT

Ilustrasi pemberian Dana BLT (ist)

Penyaluran dana tersebut sudah ditetapkan Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

GOWA, NEWSURBAN.ID – Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) mulai tersalutkan 121 desa di Kabupaten Gowa. Penyaluran dana tersebut sudah ditetapkan Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

“Hari ini, Jumat, sudah disalurkan karena ini sudah dijadwalkan dan ini sesuai dengan Peraturan Kepala Desa,” ujar Kepala PMD Gowa, Muh Asrul.

Ia mengatakan, penyaluran BLT ini diambil dari pencairan dana desa tahap pertama tahun 2020. Asrul menyebutkan, besaran anggaran yang dialokasikan untuk BLT ini sekitar Rp 7 miliar.

Baca juga: KABAR GEMBIRA! Ada BLT Rp600 Ribu Per Bulan Untuk Warga Desa, Begini Syaratnya

“Yang tercatat 11.666 KK, tapi nanti kita lihat faktanya setelah ada peraturan yang sudah dibuat oleh desa, mungkin ada pengurangan dan penambahan karena ditemukan ada yang masih double atau masih ada yang belum dimasukkan,” jelasnya.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II, Adi Setiawan mengatakan, dana dana desa yang disalurkan pada tahap pertama Rp 59,22 miliar. Sementara, total dana desa untuk 121 desa di Kabupaten Gowa tahun 2020 sebesar Rp 148 miliar.

Baca juga: Pemkab Nunukan Mulai Bagi Voucher BLT

“Tahap I yang disalurkan 40 persen dari pagu tersebut, yaitu Rp 59,22 miliar untuk 121 desa,” kata Adi.

Penggunaan dana desa untuk BLT sejalan dengan pengaturan penggunaan dana transfer untuk mendukung pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Maksimal 35 persen dari dana desa yang ditransfer melalui Rekening Kas Umum Negara (RKUN) langsung ke rekening kas desa.

“Akibat adanya pandemi ini, tahap pertama ini digunakan untuk penyaluran BLT kepada warga yang berhak, maksimal 35 persen dari APBDesa. Namun boleh lebih dengan izin bupati. Tapi tentunya pemerintah juga mengharapkan anggaran yang diterima desa tidak hanya untuk BLT, tapi juga kegiatan lain,” jelasnya. (*)

One thought on “121 Desa di Gowa Mulai Disalurkan Dana BLT

  1. Pingback: Bupati Adnan Kunjungi Posko Relawan Covid-19 Batas kota Gowa-Maros | Newsurban

Leave a Reply