Iqbal Akui Damkar Berperan Besar Selama Pandemi Covid-19

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Internasional, pihak Damkar Makassar menggelar apel bersama di halaman upacara Kantor Damkar kompleks PDAM Jalan DR Ratulangi.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb bersama Kadis Damkar Taufiq Rahman hadir dalam apel bersama. Menurut Iqbal, apel ini digelar dengan tujuan membangkitkan semangat para anggota jajaran Damkar Makassar di tengah pandemi Coronavirus.

Iqbal mengakui, sejak terjadinya wabah fovid 19 Damkar juga turut berperan aktif dalam menekan penyebaran virus corona dengan melakukan penyemprotan hampir diseluruh wilayah kota Makassar.

“Damkar ini salah satu garda terdepan dalam penekanan penyebaran virus corona ini. Personel Damkar tak lelah menyemprotkan disinfektan ke sudut-sudut kota Makassar,” ucap Iqbal, Senin (4/5/20).

Apalagi saat pelaksanaan PSBB di Makassar. Damkar bersama tim gugus tugas posko induk covid 19 makassar dengan sigapnya membantu aparat untuk membubarkan warga yang masih berkumpul dengan menyemprotkan air.

Lebih jauh Iqbal memaparkan dalam sambutannya, selain mencegah dan memadamkan kebakaran, tugas pokok damkar adalah menyelamatkan korban baik kebakaran maupun bencana lain yang terjadi di sekitar kita.

Tapi dalam kenyataannya, mereka memang juga dilatih melakukan tugas penyelamatan yang tidak menyangkut adanya kebakaran.

“Jadi banggalah kalian menjadi petugas damkar. Karena nilai-nilai kemanusiaannya banyak. Semoga semangat kalian tak pernah luntur dan tetap berkobar,” pinta Iqbal.

Di Akhir sambutannya, Iqbal memanggil Kadis Damkar, Taufiq untuk memberikan cinderamata. Cendera mata itu berupa gelang besi putih milik pribadi Iqbal.

“Ini saya berikan mungkin terlihat biasa saja tapi ini gelang besi putih banyak manfaat dan fungsinya. Salah satunya itu, kalau kita terjebak di dalam mobil gelang ini bisa dijadikan sebagai alat pemecah kaca,” pungkas Iqbal. (*)

Leave a Reply