5 Puskesmas di Luwu Timur Akan Dilakukan Rapid Test Covid-19 secara Massal

Pengambilan sampel darah akan dilakukan pemeriksaan rapid tes, di RSUD I Lagaligo Wotu.

“Pemeriksaan rapid tes untuk tenaga kesehatan di Luwu Timur, dilakukan mulai tanggal 5 sampai 8 Mei 2020 sejumlah Puskesmas di Luwu Timur,” kata Masdin Juru Bicara Covid-19 di Luwu Timur, Selasa (05/05/2020).

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Daerah Luwu Timur dalam dekat ini akan melakukan rapid tes secara massal sejumlah tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan di Luwu Timur.

Pemeriksaan rapid test tersebut sebagai bentuk perlindungan tenaga kesehatan sebagai gardan terdepan dalam penanganan Covid-19 di Luwu Timur secara masif.

“Pemeriksaan rapid tes untuk tenaga kesehatan di Luwu Timur, dilakukan mulai tanggal 5 sampai 8 Mei 2020 sejumlah puskemas di Luwu Timur,” kata Masdin Juru Bicara Covid-19 di Luwu Timur, Selasa (05/05/2020).

Baca juga: Kian Bertambah, 11 Orang di Luwu Timur Positif COVID-19

Ia mengatakan, rapid test secara massal dilakukan ini sebagai bentuk intruksi langsung oleh Bupati Luwu Timur, Muhammad Thoriq Husler.

“Ini intruksi langsung pak Bupati, karena melihat kasus covid-19 makin bertambah,” ujar Masdin.

Baca juga: Husler Perintahkan Tim Gugus Rapid Tes Massal Petugas Kesehatan Luwu Timur

Adapun 5 Puskesmas yang diproritaskan di Luwu Timur akan dilakukan rapid tes yakni Puskemas Sorawako, Wowondula, Timanpu, Wasponda dan Tomoni Timur.

“Kelima puskesmas ini dilakukan rapid tes melihat jumlah kasus Covid-19 yang ada,” ungkapnya.

Ditanya apakah ada wacana pemerintah daerah juga akan melakukan rapid tes secara massal untuk masyarakat Luwu Timur. Masdin mengatakan untuk saat ini belum ada wacana seperti itu.

Namun lanjut kata Masdin, pemeriksaan rapid tes dilakukan untuk masyarakat ketika yang mempunyai riwayat tentang Covid-19.

“Kalau memungkinkan akan lakukan rapid tes massal untuk masyarakat. Namun, saat ini masih keterbatasan Alat Kesehatan dan tenaga kesehatan. Maka dengan ini hanya dilakukan rapid tes untuk tenaga kesehatan saja dulu,” katanya.

Baca juga; Dana Rp35 Miliar Cegah Corona, Angka Positif Kian Bertambah di Luwu Timur

Informasi dihimpun oleh Newsurban.id sejumlah tenaga kesehatan di Luwu Timur sudah terpapar virus corona baik sudah dilakukan pemeriksaan hasil rapid tes maupun swabnya, antara lain Rumah sakit I Lagaligo Wotu, Rumah sakit PT. Vale, dan  Puskesmas Towuti.

Untuk update covid-19 di Luwu Timur pertanggal 05 Mei 2020, makin bertambah, jumlah kasus positif sekarang ini sebanyak 12, ODP 313, PDP 21, dan OTG 57 orang.

2 thoughts on “5 Puskesmas di Luwu Timur Akan Dilakukan Rapid Test Covid-19 secara Massal

  1. Pingback: Bertambah Kasus Baru di Luwu Timur, Total 15 Orang Positif COVID-19 | Newsurban

  2. Pingback: 124 Kasus Positif Covid-19 di Luwu Timur, Masih Dianggap Zona Aman? | Newsurban

Leave a Reply