Santri Asal Temboro Pulau Sangkarrang 11 Orang Positif Terinfeksi Covid-19

Ilustrasi COVID-19

“19 santri yang kembali ke kampung halamannya di Pulau Kodingareng, 11 dari mereka dinyatakan positif usai dilakukan pemeriksaan oleh pihak puskesmas setempat,” papar Iqbal di Posko Gugus Tugas Covid-19 Makassar, Jalan Nikel Raya, Rabu (6/5/2020).

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Makassar, mengumumkan kasus positif Virus Corona atau Covid-19 di Kecamatan Pulau Sangkarrang sebanyak 11 orang. Mereka terpapar berasal dari Klaster Santri Pesantren Temboro.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan kasus positif corona tersebut merupakan warga di Pulau Kodingareng Keke.

“19 santri yang kembali ke kampung halamannya di Pulau Kodingareng, 11 dari mereka dinyatakan positif usai dilakukan pemeriksaan oleh pihak puskesmas setempat,” papar Iqbal di Posko Gugus Tugas Covid-19 Makassar, Jalan Nikel Raya, Rabu (6/5/2020)

Iqbal menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu, sebanyak 774 santri Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Jawa Timur, pulang kampung ke Sulsel. Beberapa diantara yang kini tersebar di beberapa kabupaten kota dinyatakan positif Covid-19 usai dilakukan Rapid Test.

Santri yang terpapar virus Covid tersebut beberapa kali dibujuk Gugus Tugas Covid-19 Makassar untuk ikut program isolasi mandiri di hotel yang disediakan Gugus Tugas Pemprov Sulsel, namun diakui Iqbal selalu gagal untuk dilakukan.

Negosiasi terhadap warga sekitar menjadi kendala utama agar santri tersebut mau mengikuti program isolasi mandiri. “Tim Gugus Tugas Makassar beberapa kali mendatangi pulau tersebut untuk dilakukan penjemputan terhadap santri yang positif namun selalu gagal karena dihalang-halangi warga setempat,” papar Iqbal yang juga Pj Wali Kota Makassar.

Meski berhasil membujuk pihak keluarga santri yang terpapar, sejumlah keluarga diakui Iqbal masih enggan untuk melepas anaknya tinggal di hotel. Kendati demikian, Iqbal tetap membujuk santri lainnya untuk melakukan isolasi mandiri di hotel.

“Saya juga minta yang masih ada disana (pulau Kodingareng tolong di bawa’mi kesini, fasilitas diberikan juga nyaman yang disediakan Pemprov Sulsel ” pungkasnya. (*)

Leave a Reply