Nelayan Donggala Temukan ABK Asal Filipina, Sudah Dua Hari di Tengah Laut

Ilustrasi.

Seorang anak buah kapal (ABK) asing, warga negara Filipina ditemukan oleh nelayan di perairan Donggala, Sulawesi Tengah. WNA tersebut mengakui sudah dua hari ditengah laut.

DONGGALA, NEWSURBAN.ID – WN Filipina yang ditemukan nelayan Donggala, Sulawesi Tengah adalah Rainer Kho Gou (42). Dia ditemukan oleh nelayan pada Sabtu sore (9/6/2020) sekitar pukul 17.15 WITA di Perairan Boe Oge, Kecamatam Banawa, Donggala.

Kepala SAR Palu, Basarno mengatakan bahwa ABK tersebut bekerja di KM MV Wakashio rute Australia – Cina, yang melintasi perairan sebelah barat Sulteng pada Jumat 8 Mei kemarin. Setelah menerima adanya laporan, pihaknya menggerakan personil untuk melakukan pencarian.

Baca: Ditemukan Bawa Sabu-sabu, 5 Orang Diamankan Tim Gabungan Palu

“Kami menerima laporan siang tadi, bahwa ada informasi dari nelayan telah menemukan seorang WNA yang meminta pertolongan di tengah laut. Setelah dilakukan pencarian bersama tim gabungan, WNA ditemukan dengan selamat. ABK tersebut sudah dua hari di tengah laut, kalau dilihat dari laporannya,” kata Basarano Sabtu malam (9/5/20).

Lokasi penemuan WN Filipina tersebut berlokasi berada di titik koordinat 0°44’22.71″S – 119°26’47.82″T (300° jrk 30 mil dari Pel Donggala). Basarano menyebutkan bahwa kondisinya masih sehat, namun WN tersebut ditangani dengan lebih berhati-hati.

Baca: Wali Kota Palu Terima Bantuan Paket Sembako dari Alfamidi

“Penanganan terhadap korban kita lebih hati-hati lagi, tetap mengutamakan keselamatannya, namun dalam kondisi seperti ini apalagi WNA tetap harus waspada akan penyebaran virus corona,” ucapnya. (#)

Leave a Reply