Kadinkes Palu Usul Tim Medis Diganti Tiap 14 Hari dan Diinapkan di Hotel

Kadis Kesehatan Kota Palu dr Husaema. (yusuf)

Untuk menjaga fisik para Tim Medis yang menangani COVID-19 tetap prima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu dr Husaema mengusulkan tim digilir setiap 14 hari.

PALU, NEWSURBAN.ID – Kadis Kesehatan Kota Palu dr Husaema berharap agar tenaga medis yang merawat ODP dan PDP di rumah sakit, terutama di RS Anutapura Palu hendaknya lebih maksimal lagi dan sedapat mungkin terhindar dari Covid-19.

Untuk menjaga fisik tim medis ini tetap prima, dia mengusulkan dibentuk dua tim tenaga medis. Dengan dua tim kata dia, setiap 14 hari bekerja diganti tim lainnya. Sehingga fisik, imunitas mereka tetap kuat dan tidak mudah jatuh sakit atau terinfeksi COVID-19.

Baca: Positif Covid-19 Sulteng 83, Mampukah PSBB Buol Menahan Laju Penyebaran Corona?

Selain itu. Dia juga mengusulkan para tenaga medis tersebut ditempatkan di hotel atau di tempat penginapan khusus. “Untuk menjaga agar para tenaga medis tersebut tetap steril,” ujarnya di sela-sela penyampaian informasi update penanganan Covid-19 di Posko Induk Baruga Vatulemo, Minggu malam (9/5/20).

Untuk pos lapangan pencegahan dan penanganan COVID-19 di enam titik sebagai pintu masuk ke Ibu Kota Sulteng, dua titik jalur laut, satu jalur udara, dan tiga jalur darat harus lebih diperketat khususnya bagi pelaku perjalanan dari wilayah berdampak COVID-19.

“Sebab jangan sampai terjadi seperti kasus di Morowali warga pelaku perjalanan saat dirapid tes ternyata positif Covid-19. Jadi ada baiknya di pos-pos perbatasan dilakukan juga rapid tes untuk mengetahui apakah pelaku perjalanan tersebut positif atau negatif,” ungkapnya. (yusuf)