Terbilang Singkat! DPR Akhirnya Sahkan RUU Minerba jadi Undang-Undang

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyerahkan dokumen ke Ketua DPR RI Puan Maharani

Keputusan tersebut diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-15 Masa Sidang III Tahun Sidang 2019-2020.

JAKARTA, NEWSURUBAN.ID – DPR RI akhirnya memutuskan Rancangan Undang-Undang Mineral dan Batu Bara (RUU Minerba) menjadi Undang-Undang yang sah. RUU ini merupakan perubahan atas UU Minerba Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan dan Mineral dan Batu Bara.

Keputusan tersebut diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-15 Masa Sidang III Tahun Sidang 2019-2020.

Ketua DPR RI Puan Maharani memutuskan kebijakan tersebut usai bertanya kepada sembilan perwakilan fraksi, sebab ada satu fraksi yakni Partai Demokrat yang menolak rencana pengesahan RUU Minerba menjadi UU.

“Apakah bisa setujui pandangan mini fraksi sebagai acuan untuk memberikan persetujuan? Setuju ya? Apakah dapat disetujui dapat UU? Setuju ya,” kata Puan mengetuk palu usai bertanya dua kali kepada anggota DPR yang hadir, Selasa (12/5).

Selain Demokrat, delapan partai lainnya setuju dengan berbagai catatan yaitu Partai Demokrat dan Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Nasdem, hingga Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto mengatakan, RUU Minerba ini telah melalui proses penyusunan sejak 2015. Dia menceritakan, RUU Minerba telah menjadi program legislasi nasional (Proglegnas) 2015-2019 dan telah jadi program prioritas sejak 2015 hingga 2018.

Namun pada periode tersebut, pembahasan perubahan UU tak rampung juga. Akhirnya, pembahasan dilanjutkan pada masa kerja 2019-2024. Sejak membentuk Panja RUU Minerba, DPR di periode baru ini mengebut pembahasan RUU ini sejak Januari hingga rapat kerja kemarin sore.

Sugeng mengatakan, Komisi VII DPR RI sudah menampung banyak aspirasi dari masyarakat mengenai isi naskah RUU Minerba. Komisi VII dan pemerintah sudah melakukan sinkronisasi dengan RUU Cipta Tenaga Kerja agar tak tumpang tindih.

“Yang kemudian menghasilkan perubahan substansi berkaitan dengan kewenangan pengelolaan pertambangan minerba, nomenklatur perizinan, dan divestasi saham 51 persen bagi perusahaan asing. Komisi VII sepakat tetap mencatumkan 51 persen divestasi perusahaan asing,” kata dia.

Pengesahan RUU Minerba menjadi UU hari ini terbilang cukup singkat. Sugeng hanya menyampaikan pidato 15 menit, begitu pun Menteri ESDM Arifin Tasrif yang mewakili Presiden Jokowi. Sedangkan Puan Maharani hanya bertanya sebentar untuk mengambil keputusan pengesahan dan mengetuk palu. Tak ada interupsi sama sekali dari anggota DPR yang hadir.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan pembahasan RUU Minerba sejak 2016 lalu. Pun dengan rapat kerja kemarin sore yang berlangsung lebih dari 7 jam. (*)

One thought on “Terbilang Singkat! DPR Akhirnya Sahkan RUU Minerba jadi Undang-Undang

  1. Pingback: Pesangon Tidak Dihapus, RUU Cipta Kerja Beri Tambahan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan Bagi Korban PHK | Newsurban

Leave a Reply