Tim Surveillance Kota Palu Pulangkan OTG, Hidayat Minta Warga Tetap Disiplin

Walikota Palu Hidayat didampingi Kepala Dinas Kesehatan kota Palu dr Husaema memberi apsresiasi seorang ibu dan dua anaknya berstatus OTG yang dinyatakan negatif Covid-19. (humas)

Tiga orang tanpa gejala terdiri dari ibu dan dua anaknya dinyatakan negatif dan dipulangkan. Ketiganya menjalani perawatan di Pondok Perawatan Asrama Haji Kota Palu.

PALU, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kota Palu melalui Tim Surveillance kembali memulangkan tiga orang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) yang dirawat di Pondok Perawatan Asrama Haji pada Senin sore, 11 Mei 2020.

Pasien OTG yang dipulangkan tersebut bernama Ibu Nurbaya beserta dua orang anaknya yang telah dinyatakan negatif Covid-19 setelah melewati dua kali Rapid Test yang hasilnya non-reaktif.

Baca: Bertambah, OTG dan ODP di Pondok Perawatan Asrama Haji Palu

Walikota Palu Hidayat didampingi Kepala Dinas Kesehatan kota Palu dr Husaema menyatakan menyambut baik atas kepulangan Ibu Nurbaya beserta kedua anaknya.

“Alhamdulillah Ibu Nurbaya beserta kedua anaknya dinyatakan negatif setelah melewati Rapid Test dua kali,” ujar Walikota.

Baca: Kadinkes Palu Usul Tim Medis Diganti Tiap 14 Hari dan Diinapkan di Hotel

Menurutnya, Pemerintah Kota Palu dalam mencegah dan menangani Covid-19 ini mengambil langkah untuk merawat para OTG maupun Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Asrama Haji yang dinamakan Pondok Perawatan OTG dan ODP.

“Harapan kita mereka yang kita rawat di sini dapat kita jaga terus, imunnya bagus, dikasih obat-obatan, bahkan dikasih makanan yang bergizi. Dan ini gratis,” lanjutnya.

Baca: Wali Kota Palu Terima Bantuan Paket Sembako dari Alfamidi

Oleh karena itu, kata Walikota bagi siapapun yang dinyatakan OTG maupun ODP dapat dengan sukarela mendatangi Pondok Perawatan demi mencegah penyebaran Covid-19 yang begitu masif di Kota Palu.

“Jangan malu-malu datang kemari. Kami akan rawat di sini dengan baik. Saya kira tenaga medis di Pondok Perawatan ini sangat super humanis,” ungkapnya.

Baca: Tim Gugus Lakukan Penjemputan 6 Warga Palu Berstatus OTG

Walikota berharap agar seluruh masyarakat tetap mendisiplinkan diri dalam hal memutus rantai penularan Covid-19 seperti tetap menggunakan masker, sering mencuci tangan, dan bahkan menghindari tempat berkumpulnya orang.

Selain itu juga, katanya diharapkan masyarakat dapat menerima kembali orang-orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 ataupun dari status OTG dan ODP, agar mereka bisa beraktivitas kembali seperti biasa.

“Mudah-mudahan data Covid-19 di kota Palu semakin menurun,” tandas Wali kota.

Baca: Wali Kota Hidayat Nilai Kota Palu Belum Layak Terapkan PSBB

Sementara itu, Ibu Nurbaya mengaku sangat senang dan sangat bersyukur setelah menjalani perawatan di Pondok Perawatan OTG dan ODP Asrama Haji transit Palu.

“Alhamdulillah was-was kita sudah hilang. Kemarin takut, bahkan takut juga mendekat dengan orang. Alhamdulillah sakit mag saya juga sembuh setelah dirawat disini,” ungkapnya.

Baca: Positif Covid-19 Sulteng 83, Mampukah PSBB Buol Menahan Laju Penyebaran Corona?

Menurutnya, para tim medis yang bertugas di Pondok Perawatan tersebut sangat ramah dan terus memberikan semangat seluruh orang yang dirawat agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

“Untuk para tim medis, tetap semangat. Jadi bukan hanya kami yang dirawat saja yang semangat, para tim medis juga harus semangat,” tandasnya. (humas/yusuf)

One thought on “Tim Surveillance Kota Palu Pulangkan OTG, Hidayat Minta Warga Tetap Disiplin

  1. Pingback: Plt Direktur RS Anutapura Pertanyakan Uji Swab Pasien W Dibawa ke Makassar | Newsurban

Leave a Reply