Rakor Bersama Yayasan Budha Tzu Chi, Hidayat Sampaikan Keinginan Warganya Segera Pindah ke Huntap I

Walikota Palu Hidayat rapat koordinasi bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BP2W) Sulteng secara daring, Rabu, 13 Mei 2020. (humas)

Fasilitas belum lengkap, sebagian besar warga penyintas bencana Kota Palu sudah tak sabar ingin segera pindah ke hunian tetap yang dibangun Yayasan Budha Tzu Chi.

PALU, NEWSURBAN.ID – Keinginan warga penyintas bencana, disampaikan Walikota Palu Hidayat saat rapat koordinasi bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BP2W) Sulteng secara daring, Rabu, 13 Mei 2020.

Rakor ini merupakan tindaklanjut dari pekan lalu yang membahas upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Kota Palu khususnya terkait relokasi ke hunian tetap (huntap) I Kelurahan Tondo.

Baca: Sidak Proyek Huntap Tondo, Hidayat Temukan Pekerjaan Amburadul

Dalam rapat itu, Walikota Hidayat menyampaikan keinginan para penyintas bencana yang ingin segera menempati huntap I, meskipun fasilitas di dalamnya khususnya air belum lengkap.

“Kemarin malam saya bertemu dengan masyarakat di hunian sementara (huntara) Kompas Tondo, mereka harapkan diberikan kunci huntap, agar rumah itu bisa dijaga, walaupun belum ada air. Ini permintaan warga,” kata Hidayat.

Baca: Walikota Hidayat Minta Warga Tak Termakan Hoaks

Hidayat mengungkapkan, berdasarkan laporan dari OPD terkait, total huntap yang siap huni di lokasi I Kelurahan Tondo sebanyak 738 unit. Huntap ini dibangun dari bantuan Yayasan Budha Tzu Chi, AHA Center, dan Apeksi.

“Kalau ini sudah siap ditinggali seperti lampunya sudah ada walaupun fasilitas air belum memadai, mereka bisa kita berikan kunci. Dengan catatan tidak menuntut air. Kalau sudah ada air, barulah secara seremonial kita serahkan ke mereka,” harap Hidayat.

Baca: Wali Kota Palu Minta Huntap Tondo Dilengkapi Fasilitasnya Sebelum Dihuni

Sementara Kepala BP2W Sulteng Kementerian PUPR, Ferdinand Kano Lo mengatakan, pihaknya telah berupaya memenuhi fasilitas air yang ada di huntap tersebut sesuai janjinya pada rakor pekan lalu.

“Hari ini sudah 350 rumah sudah terlayani fasilitas airnya. Target minggu ini, 500 rumah sudah teraliri air,” katanya.

Baca: AHA Center Serahkan 75 Huntap Tondo ke Pemkot Palu Melalui Vicon

Namun Rakor tersebut menyepakati bahwa 20 KK yang akan dimasukkan ke huntap I Kelurahan Tondo, khususnya di Blok P sesuai data yang diserahkan pihak Yayasan Budha Tzu Chi kepada Walikota belum lama ini.

“20 nama kita masukkan hari Senin, 18 Mei 2020. Nanti dilihat kondisi di lapangan, kalau besoknya bisa dimasukkan lagi, ya masukkan lagi,” ungkap Walikota. (humas/yusuf)

2 thoughts on “Rakor Bersama Yayasan Budha Tzu Chi, Hidayat Sampaikan Keinginan Warganya Segera Pindah ke Huntap I

  1. Pingback: Rakor Bersama Yayasan Budha Tzu Chi, Hidayat Sampaikan Keinginan Warganya Segera Pindah ke Huntap I

  2. Pingback: 20 KK Warga Penyintas Bencana Palu Jadi Penghuni Pertama Huntap Tondo | Newsurban

Leave a Reply