Jumlah Warga Sulsel Terinfeksi Virus Corona Bertambah Jadi 917, PSBB Makin Longgar

Hingga kini, kasus positif covid-19 di Sulsel mencapai 917 orang, bertambah 46 dibandingkan sehari sebelumnya. Sementara pemerintah daerah malah melonggarkan aturan PSBB Makassar dan Gowa.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Jumlah kasus positif virus corona baru alias covid-19 di Sulsel semakin melonjak. Meski demikian, angka kesembuhan juga terus naik. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, terpantau ada penambahan 46 kasus per hari ini, Sabtu (16/5/2020).

Dengan penambahan itu, total warga Sulsel yang terinfeksi virus corona saat ini menjadi 917 orang. Sementara pasien sembuh sebanyak 312 pasien berhasil sembuh darn yang meninggal dunia karena virus corona sebanyak 52 orang.

Baca: Mal Beroperasi, Gubernur Nurdin Abdullah Syaratkan Ini

Untuk angka kesembuhan, Sulsel melaporkan adanya penambahan 19 kasus. Pada saat bersamaan, angka kematian tercatat bertambah satu kasus.

Data pusat tidak berbeda jauh dengan data provinsi yang dilansir laman Sulsel Tanggap Covid-19. Hanya angka kesembuhan yang sedikit berbeda, di mana data dari Gugus Tugas Covid-19 Sulsel melaporkan bahwa pasien sembuh sudah 313 orang.

Baca: 204 Pedagang Pasar di Makassar Reaktif Covid-19 Dikarantina

Secara umum, angka infeksi Covid-19 di Sulsel masih cukup tinggi. Sulsel pun masih berada di lima besar provinsi dengan kasus corona tertinggi di Indonesia. Di bawah DKI Jakarta (5.881), Jatim (2.105), Jabar (1.618) dan Jateng (1.1.40).

Sementara di seluruh Indonesia, ada penambahan kasus positif virus corona sebanyak 529 orang. Sehingga total pasien positif corona sebanyak 17.025 orang, dimana sebanyakk 3.911 pasien sembuh dan 1.089 orang meninggal dunia.

Baca: 7 Warga Barru Positif COVID-19, Puskesmas Palanro Tutup Sementara

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, cara untuk mengurangi dan menekan kasus positif baru dengan mengubah gaya hidup.

Yurianto mengatakan, masyarakat harus mengimplementasikan protokol kesehatan secara disiplin terus-menerus, tidak boleh bergerombol dan berkumpul di suatu tempat.

Baca: DPRD Makassar Nilai PSBB Jilid II Jatuhkan Martabat Pemerintah

“Kami berharap keluarga dapat mengedukasi anak-anak sehingga menjadi sesuatu yang besar di masyarakat. Kita mampu berdisiplin dan konsisten menjalankan norma hidup baru yang mengedepankan protokol kesehatan tanpa ragu-ragu dan terputus,” jelas Yurianto.

Sementara di Sulsel, pemerintah daerah mulai melonggarkan aturan PSBB. Ini sangat kontradiktif dengan jumlah kasus baru yang terus bertambah. Pun jumlah klaster baru meluas. Dan angka transmisi lokal merangkak naik setiap hari di berbagai daerah terutama Kota Makassar. (#)

2 thoughts on “Jumlah Warga Sulsel Terinfeksi Virus Corona Bertambah Jadi 917, PSBB Makin Longgar

  1. Pingback: NASA Sebut Matahari Memasuki Masa Lockdown, Bumi Bakal Kena Dampak Kelaparan, Mirip Saat Gunung Tambora Meletus | Newsurban

  2. Pingback: Positif Covid-19 di Indonesia Sudah 17.514 Orang | Newsurban

Leave a Reply