Positif Covid-19 di Indonesia Sudah 17.514 Orang

Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

Jumlah warga negara Indonesia yang terpapar Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) masih terus bertambah. Hingga Mingu, 17 Mei 2020, total positif Civid-19 sudah 17.514 orang. Pasien sembuh 4.129, meninggal dunia 1.148.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia kembali melonjak drastis sebanyak 489 orang. Totalnya, per hari ini, Minggu 17 Mei 2020 hingga pukul 12.00 WIB, orang dinyatakan positif corona menjadi 17.514.

“Konfirmasi Covid-19 positif naik 489 orang, sehingga totalnya 17.514 orang,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, Minggu (17/5/2020).

Baca: Jumlah Warga Sulsel Terinfeksi Virus Corona Bertambah Jadi 917, PSBB Makin Longgar

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh menjadi 4.129 orang, setelah mengalami penambahan sebanyak 218 orang. Untuk pasien yang meninggal dunia juga bertambah sebanyak 59 orang, sehingga totalnya menjadi 1.148 orang.

Penambahan jumlah kasus virus corona menandakan masih terjadinya penularan di tengah masyarakat. Untuk itu, pemerintah terus mengimbau agar masyarakat mematui protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Baca: Mal Beroperasi, Gubernur Nurdin Abdullah Syaratkan Ini

Mulai dari rajin mencuci tangan sabun di air mengalir, memakai masker, tidak bepergian ke luar rumah dan kalau mendesak harus keluar rumah wajib memakai masker. Menjaga jarak interaksi dengan orang lain minimal 1-2 meter atau physical distancing.

Masyarakat juga dilarang mudik lebaran. Alasannya karena dikhawatirkan akan membuat penularan virus corona semakin meluas. Sayangilah keluarga di kampung halaman, apalagi usia rentan tertular virus corona adalah mereka yang berusia lanjut.

Baca: MUI Sebut DPR Cuma Singa Ompong

Dalam penanganan Covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan status darurat kesehatan masyarakat dengan menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

Kemudian, menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Ada sejumlah daerah yang menerapkan PSBB, dan masyarakat diimbau untuk mematuhi aturan baik di daerah yang menerapkan PSBB maupun non-PSBB.

Baca: NASA Sebut Matahari Memasuki Masa Lockdown, Bumi Bakal Kena Dampak Kelaparan, Mirip Saat Gunung Tambora Meletus

Pemerintah belakangan mendorong agar masyarakat berdamai dengan virus corona dengan menerapkan pola hidup baru atau new normal. Bukan berarti menyerah, namun tetap menjalani aktivitas yang produktif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Hidup berdampingan dengan Covid-19 tidak dimaknai menyerah, tetapi kita harus mengubah perilaku kita, kita harus mengubah cara pandang kita, beberapa hal yang dituntut telah kita lakukan, bahkan dengan baik, seperti mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker ke luar rumah,” ujarnya. (#)

One thought on “Positif Covid-19 di Indonesia Sudah 17.514 Orang

  1. Pingback: Positif Covid-19 di Sulsel Bertambah 34 Menjadi 951, Gubernur Tegaskan Mal Tak Buka Selama PSBB | Newsurban

Leave a Reply